Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lalu Lintas Padat, Kawasan Lembang Jabar Jadi One Way

Kompas.com - 23/01/2023, 06:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Satuan Lalu Lintas Polres Cimahi menerapkan rekayasa lalu lintas satu arah (one way) untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan wisatawan yang mengarah ke kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, pada libur Imlek 2023.

Kepala Satlantas Polres Cimahi AKP Sudirianto mengatakan pihaknya sejak Minggu pagi sudah beberapa kali merekayasa lalu lintas untuk mencegah kepadatan kendaraan.

“Ini sekarang masih berlangsung, sudah empat kali one way ke arah atas (Lembang), kalau ke bawah (Bandung) sudah dua kali,” kata Sudirianto dalam keterangannya, Minggu (22/1/2023).

Baca juga: Arus Lalin Padat, Ganjil Genap dan One Way di Puncak Bogor Berlaku Sampai Besok

Ilustrasi lalu lintas macet KOMPAS IMAGES / RODERICK ADRIAN MOZES Ilustrasi lalu lintas macet

Adapun one way diterapkan dari kawasan perbatasan antara Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat, sedangkan kendaraan dari arah atas ditahan di sekitar Grand Hotel Lembang.

Selain itu, menurutnya, polisi mengantisipasi sejumlah titik rawan kepadatan, di antaranya di area wisata Farmhouse, Floating Market, hingga di Pasar Panorama Lembang.

Meski kini sudah mulai padat, ia memprediksi puncak arus wisata di libur panjang Imlek bakal terjadi pada Senin (23/1/2022) pagi karena wisatawan dari luar daerah akan bercampur dengan wisatawan lokal.

Baca juga: Ada Air di Dalam Tangki BBM Mobil, Kok Bisa?

Oleh karenanya, ia mengimbau wisatawan agar mengetahui kondisi arus lalu lintas yang dituju. Selain itu, wisatawan bisa memanfaatkan jalur alternatif menuju kawasan Lembang.

“Kan sekarang sudah ada aplikasi peta daring, bisa dilihat kalau merah berarti padat, kalau hijau lancar,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.