Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Scania K410iB Double Decker Milik PO Harapan Jaya, Tenaga 410 Tk

Kompas.com - 21/01/2023, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PO Harapan Jaya bisa dibilang punya berbagai jenis sasis premium pada bus andalannya, salah satunya Scania K410iB. Sasis dengan penggerak 6x2 tersebut dipasang pada bodi Jetbus 2+ SDD yang redaksi coba saat perjalanan antar kota Jakarta-Solo.

Bicara spesifikasi, Scania K410iB dilengkapi dengan mesin 13.000 cc enam silinder segaris yang menghasilkan tenaga 410 Tk pada 1.900 rpm dan torsi 2.000 Nm di putaran mesin rendah, 1.000 rpm-1.350 rpm.

Tenaga dan torsi tadi disalurkan ke as roda yang ada di tengah dengan transmisi opticruise 12 percepatan. Keunikan dari transmisi ini adalah manual yang diotomatiskan, jadi tidak ada pedal kopling dan pengemudi bisa ganti gigi layaknya mobil matik.

Baca juga: Manisnya Desain Body Bus Tingkat PO Harapan Jaya, Jetbus 2+ SDD

sasis scaniaimotorium.com sasis scania

Selain itu, bus ini cukup canggih karena punya sistem cruise control yang membuat pengemudi semakin nyaman ketika lebas jalan tol. Untuk mengurangi kecepatan, selain rem utama ada juga retarder yang terhubung dengan transmisi dengan beberapa level.

Pengaturan retarder ini ada di dekat setir, jadi pengemudi bisa meraihnya dengan tangan. Ketika retarder aktif, maka bus akan mengurangi putaran mesin yang berujung kecepatan juga turun.

Soal kenyamanan, Scania K410iB sudah dilengkapi dengan suspensi udara di semua as roda dan tipenya wide. Jadi, sasis ini cocok untuk menggendong bodi double decker yang panjang serta tinggi dan tetap stabil.

Baca juga: Biaya Perbaikan Mobil Bekas Tabrakan Bisa sampai Puluhan Juta Rupiah

Bus tingkat PO Harapan Jaya jurusan Jakarta-SoloKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bus tingkat PO Harapan Jaya jurusan Jakarta-Solo

Walaupun membawa bodi yang sangat panjang, Scania K410iB dilengkapi dengan steering axle untuk yang paling belakang. Jadi ketika setir diputar, as roda paling belakang ikut belok agar mendapat radius putar yang lebih kecil.

Pada kabin pengemudi, ada instrumen cluster kombinasi antara analog dan digital. Semua informasi seperti cruise control, konsumsi BBM, tekanan oli, bisa dilihat lewat layar di bagian tengah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.