Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Scania K410iB Double Decker Milik PO Harapan Jaya, Tenaga 410 Tk

JAKARTA, KOMPAS.com - PO Harapan Jaya bisa dibilang punya berbagai jenis sasis premium pada bus andalannya, salah satunya Scania K410iB. Sasis dengan penggerak 6x2 tersebut dipasang pada bodi Jetbus 2+ SDD yang redaksi coba saat perjalanan antar kota Jakarta-Solo.

Bicara spesifikasi, Scania K410iB dilengkapi dengan mesin 13.000 cc enam silinder segaris yang menghasilkan tenaga 410 Tk pada 1.900 rpm dan torsi 2.000 Nm di putaran mesin rendah, 1.000 rpm-1.350 rpm.

Tenaga dan torsi tadi disalurkan ke as roda yang ada di tengah dengan transmisi opticruise 12 percepatan. Keunikan dari transmisi ini adalah manual yang diotomatiskan, jadi tidak ada pedal kopling dan pengemudi bisa ganti gigi layaknya mobil matik.

Selain itu, bus ini cukup canggih karena punya sistem cruise control yang membuat pengemudi semakin nyaman ketika lebas jalan tol. Untuk mengurangi kecepatan, selain rem utama ada juga retarder yang terhubung dengan transmisi dengan beberapa level.

Pengaturan retarder ini ada di dekat setir, jadi pengemudi bisa meraihnya dengan tangan. Ketika retarder aktif, maka bus akan mengurangi putaran mesin yang berujung kecepatan juga turun.

Soal kenyamanan, Scania K410iB sudah dilengkapi dengan suspensi udara di semua as roda dan tipenya wide. Jadi, sasis ini cocok untuk menggendong bodi double decker yang panjang serta tinggi dan tetap stabil.

Walaupun membawa bodi yang sangat panjang, Scania K410iB dilengkapi dengan steering axle untuk yang paling belakang. Jadi ketika setir diputar, as roda paling belakang ikut belok agar mendapat radius putar yang lebih kecil.

Pada kabin pengemudi, ada instrumen cluster kombinasi antara analog dan digital. Semua informasi seperti cruise control, konsumsi BBM, tekanan oli, bisa dilihat lewat layar di bagian tengah.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/01/21/100200715/scania-k410ib-double-decker-milik-po-harapan-jaya-tenaga-410-tk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke