Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

700.000 Kendaraan Diprediksi Keluar Jabotabek pada Masa Libur Imlek

Kompas.com - 21/01/2023, 07:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Selama periode hari raya Imlek tahun 2023, tepatnya pada H-2 (Jumat, 20 Januari 2023) hingga H+2 (Selasa, 24 Januari 2023), Jasa Marga memperkirakan sebanyak 771.144 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek.

Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikupa (ke arah Merak), GT Ciawi (ke arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (ke arah Trans-Jawa) dan GT Kalihurip Utama (ke arah Bandung).

Total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini diprediksi naik 12,12 persen jika dibandingkan lalin normal.

Baca juga: Berhenti di Lampu Merah, Tuas Transmisi Mobil Matik Harus Dipindahkan ke N?

Sejumlah kendaraan melintas di tol layang Jakarta-Cikampek II, Bekasi Jawa Barat, Minggu (1/11/2020). Pada arus balik libur cuti bersama dan Maulid Nabi Muhammad SAW, lalu lintas di tol Jakarta-Cikampek terpantau ramai lancar.ANTARA FOTO/FAKHRI HERMANSYAH Sejumlah kendaraan melintas di tol layang Jakarta-Cikampek II, Bekasi Jawa Barat, Minggu (1/11/2020). Pada arus balik libur cuti bersama dan Maulid Nabi Muhammad SAW, lalu lintas di tol Jakarta-Cikampek terpantau ramai lancar.

Untuk distribusi lalu lintas meninggalkan Jabotabek dari ketiga arah, yaitu mayoritas sebanyak 359.691 kendaraan (21,28 persen) menuju arah timur (Trans-Jawa dan Bandung).

Lalu, sebanyak 221.827 kendaraan (2,98 persen) menuju arah barat (Merak), dan 169.373 kendaraan (8,06 persen) menuju arah selatan (Puncak).

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menjelaskan, Jasa Marga memastikan kesiapan layanan operasi jalan tol Jasa Marga Group berjalan dengan optimal.

Baca juga: Hyundai Akhirnya Bocorkan Spesifikasi Grandeur, Sedan Berwajah Staria

Terutama di ruas jalan tol yang berpotensi menjadi destinasi wisata favorit pengguna jalan saat masa libur panjang, di antaranya Jalan Tol Jagorawi untuk Puncak dan sekitarnya, serta Jakarta-Cikampek dan Cipularang untuk yang menuju arah Trans-Jawa dan Bandung.

“Selain memastikan keberfungsian peralatan tol di gardu, kami juga menambah jumlah petugas dan mobile reader untuk menambah kapasitas transaksi di gerbang tol-gerbang tol utama/barrier,” ujar Lisye dalam keterangan resmi (20/1/2023).

Menurut Lisye, Jasa Marga bakal mengantisipasi potensi terjadinya kepadatan di gerbang tol dengan penempatan petugas di titik-titik rawan kepadatan di jalan tol favorit.

Baca juga: Mobil Listrik Citroen eC3 Meluncur, Jarak Tempuh 320 Km

Ilustrasi jalan tol Jakarta-Cikampek.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Ilustrasi jalan tol Jakarta-Cikampek.

Tujuannya untuk mempercepat penanganan gangguan kendaraan di lajur, serta mengatur lalu lintas dengan lebih cepat lagi.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.