Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polri Mulai Persiapkan Arus Mudik Lebaran 2023, Jalur Selatan Jadi Perhatian

Kompas.com - 20/01/2023, 16:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Korlantas Polri mulai mempersiapkan jalur arus mudik Lebaran Idul Fitri 2023 yang diproyeksi bakal terjadi pada akhir Maret 2023 mendatang. Persiapan ini dilakukan guna meminimalisir kendala arus lalu lintas yang mungkin terjadi.

Dikatakan Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi, beberapa jalur menjadi perhatian khusus. Salah satunya, ialah jalur Selatan yang kurang dioptimalkan pada periode Lebaran tahun lalu.

"Waktu dekat direnanakan sudah mulai survei lapangan antara kami, Dirjen PUPR, dan juga Dirjen Perhubungan Darat, akan bergabung untuk melihat lokasi-lokasinya khususnya di jalur Selatan yang di lebaran kemarin belum banyak diminati," kata dia dalam keterangan tertulis, Kamis (19/1/2023).

Baca juga: Cara Aman Parkir Mobil Transmisi Manual di Tanjakan dan Turunan

Ilustrasi mudik naik motorKOMPAS IMAGES / RODERICK ADRIAN MOZES Ilustrasi mudik naik motor

Menurut Firman, adanya survei jalur arus mudik diharapkan dapat memberikan rekomendasi jalan alternatif untuk masyarakat yang akan melakukan arus mudik. Hal tersebut juga untuk mengurai kemacetan di jalan tol.

Mengingat, pada awal tahun ini terdapat beberapa ruas yang baru dioperasikan sehingga terjadi sedikit perubahan-perubahan, termasuk layout jalan.

“Semoga di tahun ini kepadatan yang mungkin akan terjadi di jalur tol itu bisa kita pecah artinya banyak jalur alternatif yang bisa dinikmati oleh masyarakat pada saat arus mudik yang penting sesuai, aman dan nyaman,” ujarnya.

Baca juga: Cara Aman Parkir Mobil di Tanjakan dan Turunan

Sejumlah pemudik bersepeda motor antre di Jalur Selatan Tanjakan Lingkar Gentong Bawah, Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (6/5/2022). Pada H+3 Lebaran arus lalu lintas menuju Bandung dan Jakarta terpantau padat merayap serta terjadi antrean kendaraan sepanjang 12 kilometer dari Rajapolah hingga Lingkar Gentong, Kabupaten Tasikmalaya.ANTARA FOTO/ADENG BUSTOMI Sejumlah pemudik bersepeda motor antre di Jalur Selatan Tanjakan Lingkar Gentong Bawah, Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (6/5/2022). Pada H+3 Lebaran arus lalu lintas menuju Bandung dan Jakarta terpantau padat merayap serta terjadi antrean kendaraan sepanjang 12 kilometer dari Rajapolah hingga Lingkar Gentong, Kabupaten Tasikmalaya.

Turut hadir dalam rapat koordinasi Anev Operasi Lilin 2022 dan Kesiapan Operasi Ketupat 2023 ini, turut hadir Asops Kapolri Irjen. Pol. Agung Setya Imam Effendi, Dirut PT Jasa Raharja Rivan Achmad Purwantono, Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Agus Suryo Nugroho.

Lalu Pejabat Utama (PJU) Korlantas Polri, Perwakilan Ditlantas Polda Jabar, Perwakilan Ditjen Perhubungan Darat, Jasa Marga, BPJT, Bina Marga, Pengurus Rest Area, serta stakeholder lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com