Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek Jalur Pansela, Penerangan Jalan Jadi Isu Utama

Kompas.com - 20/01/2023, 07:22 WIB
Stanly Ravel

Editor

BANTEN, KOMPAS.com - Bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Korlantas Polri, Kementerian Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan peninjauan Jalur Pantai Selatan (Pansela) dalam menyambut mudik Lebaran 2023.

Nantinya, Pansela akan ditawarkan sebagai alternatif bagi masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Dari hasil peninjauan hari pertama yang dimulai dari titik nol kilometer Pansel di Simpang Labuan, Banten, ada beberapa catatan penting yang akan segera diselesaikan dalam waktu dekat.

Menurut Direktur Preservasi Jalan dan Jembatan Wilayah I Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Akhmad Cahyadi, kekurangan pada Jalur Selatan yang selalu dikeluhkan adalah masalah minimnya penerangan.

Baca juga: Karoseri Laksana Luncurkan 10 Bus Baru Pesanan PO Gumarang Jaya

"Isunya tiap tahun saat atus mudik, Nataru, dan lainnya, di Pansel ini gelap serta rambu-rambu lalu lintas. Ini akan kita terus tingkatkan," ucap Cahyadi kepada media di Pelabuhan Ratu, Kamis (19/1/2023).

Pengecekan Jalur Pantai SelatanKEMENHUB Pengecekan Jalur Pantai Selatan

Penambahan penerangan jalan umum (PJU) di sepanjang Jalur Pansela akan segera ditambah. Menurut Cahyadi, diupayakan masalah tersebut bisa rampung sebelum mudik Lebaran.

Tak hanya itu, untuk memberikan kenyamanan pemudik, Kementerian PUPR melalui Bina Marga juga akan mendirikan beberapa tempat peristirahatan atau rest area.

Untuk wilayah Banten nantinya akan dibuat dua rest area, enam di Jawa Barat, sembilan di Jawa Tengah dan Yogyakarta, serta enam lagi di Jawa Timur.

Baca juga: Terjadi Lagi, Pengemudi Mobil Pelat Nomor RFS Konflik hingga Keluarkan Senjata

"Panjang Pansel seluruhnya itu nanti 1.543 kilometer (km) melalui lima provinsi, dari jumlah itu ada 229 km di provinsi Jawa Timur masih on project. Dalam 2 atau 3 tahun ini akan bisa tersambung," kata dia.

Soal kondisi jalan sendiri, Cahyadi mengklaim, permukaannya relatif mulus dan nyaman untuk dilintasi. Apalagi dengan banyaknya pemandangan yang bisa dijadikan daya tarik tersendiri.

Jalur Pansela jadi jalur alternatif mudik Lebaran 2022Dok. Kementerian PUPR Jalur Pansela jadi jalur alternatif mudik Lebaran 2022

"Kita di Jawa ada lintas Pantai Selatan yang kondisinya cukup baik, jalannya di atas rata-rata 95 persen. Tadi 5 persen yang masih rusak kita akan selesaikan sebelum mudik. Informasikan Pansela siap sebagai jalur alternatif kalau di Pantura penuh saat Lebaran bisa melewati jalur ini," ujarnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com