Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Aman Skutik Melewati Jalan Menurun dan Menikung

Kompas.com - 18/01/2023, 12:02 WIB

KLATEN, KOMPAS.com - Kerap terjadi kecelakaan yang melibatkan pengendara motor skuter matik atau skutik, terutama di jalan menurun. Peristiwa terbaru terjadi di Magelang, skutik tersangkut di atap rumah warga yang posisinya lebih rendah dari permukaan jalan.

Kecelakaan tunggal tersebut diduga disebabkan pengendara kehilangan kendali akibat rem yang blong begitu melewati kondisi jalan dengan tikungan sekaligus menurun.

Maka dari itu diperlukan tips khusus motor skutik ketika melewati jalan menurun dan menikung agar masyarakat lebih waspada. Simak penjelasannya!

Baca juga: Fakta Video Motor Tersangkut di Atas Genting, Atap Rumah Warga Magelang Lebih Rendah dari Jalan Raya

Lokasi kecelakaan sepeda motor nyangkut di atap rumah di Dusun Puntingan, Desa Madyogondo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Selasa (17/1/2023). Kecelakaan terjadi pada Minggu (15/1/2023) sekitar pukul 14.00 WIB.KOMPAS.COM/IKA FITRIANA Lokasi kecelakaan sepeda motor nyangkut di atap rumah di Dusun Puntingan, Desa Madyogondo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Selasa (17/1/2023). Kecelakaan terjadi pada Minggu (15/1/2023) sekitar pukul 14.00 WIB.

Community Development & Safety Riding Supervisor Astra Motor Yogyakarta Muhammad Ali Iqbal mengatakan, ada instrumen penting yang perlu diperhatikan setiap pengendara hendak melakukan perjalanan agar aman.

“Pertama, saat akan berkendara pastikan kondisi ban, rem, dan lampu sepeda motor (lampu utama, sein, dan lampu belakang) bisa berfungsi secara normal,” ucap Ali kepada Kompas.com, Selasa (17/1/2023).

Dia mengatakan dengan ban dan rem yang baik, maka peluang terjadinya kecelakaan di jalan akan berkurang. Sementara lampu, merupakan komponen penting lain yang berguna untuk melihat kondisi jalan bila lingkungan gelap.

Baca juga: Langkah Antisipasi Rem Blong saat Turunan Panjang

Rem Motor Matic BlongDicky Aditya Wijaya Rem Motor Matic Blong

Dalam menghadapi kondisi jalan menurun dan tikungan, perlu melakukan manajemen pengereman yang tepat.

“Gunakanlah rem secara bergantian, tujuannya agar temperatur komponen pengereman dalam kondisi ideal,” ucap Ali.

Pengereman dengan bergantian antara roda depan dan belakang, kata Ali, dilakukan agar menghindari panas berlebih pada kampas rem. Seperti yang diketahui ada fenomena brake fading yang merupakan salah satu jenis rem blong. Kampas rem bisa menyublim akibat suhu yang terlalu tinggi.

“Pada saat menemui turunan yang tidak terlalu curam dan pendek, gunakanlah rem secara bersamaan untuk meningkatkan efektivitas pengereman,” ucap Ali.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Sistem Rem Kombinasi Mudah Mengalami Blong?

Pelek dan rem ABS motor Honda ADV 160Dok. AHM Pelek dan rem ABS motor Honda ADV 160

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.