Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semua Jajaran Mobil Listrik BMW Terkena Recall

Kompas.com - 18/01/2023, 08:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - BMW sudah memiliki beberapa model mobil listik, seperti sedan listrik i4, SUV listrik iX, dan sedan listrik premium i7. Belum lama ini, semua model tersebut terkena recall atau kampanye perbaikan massal.

Dikutip dari Carbuzz.com, Selasa (17/1/2023), recall ditujukan pada ketiga mobil listrik tersebut yang dipasarkan di Amerika Serikat. Penyebabnya diduga ada masalah dengan bagian perangkat lunaknya.

Baca juga: Sirkuit Mandalika Mau Gelar Balap OMR, Bisa Porsche atau BMW

Secara spesifik, perangkat lunak dari Electronic Control Unit (ECU) baterai bisa mengganggu tegangan listrik. Dampaknya adalah mobil bisa mendadak kehilangan daya.

BMW i7 yang akan diperkenalkan di Indonesia tahun depanBMW BMW i7 yang akan diperkenalkan di Indonesia tahun depan

Bahkan, kehilangan daya tersebut bisa saja saat mobil sedang melaju. Sehingga, kondisi ini dapat meningkatkan risiko kecelakaan.

Recall baterai bertegangan tinggi tersebut diumumkan pada Desember 2022 dan berdampak pada i4, iX, dan i7, yang diproduksi pada 14 Oktober 2021 hingga 28 Oktober 2022.

Baca juga: Valentino Rossi Jajal Hypercar BMW M Hybrid V8

Totalnya ada 14.086 unit yang terdampak. Namun, dari belasan ribu unit tersebut, hanya 38 unit di antaranya terdampak pada i7. Sedangkan iX tercatat ada 5.389 unit dan i4 ada 8.659 unit.

Kehadiran BMW i7 layak dinanti oleh pecinta mobil mewah di Tanah AirBMW Kehadiran BMW i7 layak dinanti oleh pecinta mobil mewah di Tanah Air

"Kesalahan diagnosis dapat terjadi secara sporadis dalam elektronik manajemen baterai, yang dapat menyebabkan unit kontrol elektronik diatur ulang. Jika reset terjadi, ini dapat menyebabkan gangguan daya listrik," tulis Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional di Amerika, pada situs resminya.

Dua model mobil listrik BMW, i4 dan iX, sudah diluncurkan di Indonesia pada Agustus 2022. Sedangkan i7, rencananya baru akan diluncurkan di 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com