Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesulitan Kawahara Racing Rancang Produk untuk Harley-Davidson

Kompas.com - 12/01/2023, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawahara Racing menjadi salah satu bagian dalam Surui Motor Garage yang membangun motor Ujwala, Harley-Davidson Road Glide yang ikut Motor Bike Expo di Verona, Italia akhir Januari 2023.

Kawahara membuat bagian-bagian aksesori pada beberapa komponen dengan nama Surui. Komponen yang dibuat seperti air juicer, derby cover, knalpot yang dibuat secara khusus dan floor boards (foot peg).

Mengenai pembuatan produk untuk Harley-Davidson, Kawahara cuma dapat waktu satu bulan untuk melakukan research dan development. Berdasarkan pantauan redaksi saat press conference, produk yang digunakan punya kualitas finis yang baik.

Baca juga: Upaya Aksesori Harley-Davidson Buatan Lokal Bisa Eksis di Luar Negeri

Aksesori buatan Indonesia dari Kawahara Racing dengan merek Surui untuk Harley DavidsonKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Aksesori buatan Indonesia dari Kawahara Racing dengan merek Surui untuk Harley Davidson

Mengenai pembuatan produk untuk Harley-Davidson, Coq Siswanto, Founder Kawahara Racing mengatakan kalau ditemui beberapa kendala.

"Saya racing minded, saya (biasa) bikin untuk drag, bagaimana caranya agar part itu ringan. Tapi kalau Harley, saya harus pikir estetikanya, desain, bahan baku, tingkat kekuatannya," ucap Coq di Jakarta, belum lama ini.

Mengenai kekuatan, tentu harus sangat baik, mengingat aksesori tersebut akan dipasang pada motor yang bobotnya sampai 500 Kg. Apalagi produk yang dibuat juga dipakai pada komponen penting, seperti swing arm, triple clamp, dan riser.

Baca juga: Auto2000 Tebar Diskon, Lego Produk Toyota VIN 2022


"Untuk bahan baku, kita ke laboratorium, coba produk aftermarket dari Amerika, kita samakan. Kekuatan pasti sama, paling kita di desain dan finishing, walau memang masih banyak yang harus di-develop," kata Coq.

Coq bercerita, banyak kesulitan yang ditemui saat research & development, apalagi waktunya cukup singkat. Misal, komponen yang dibuat harus tetap rigid tanpa adanya las-lasan, begitu juga saat membuat triple clamp.

"Triple clamp juga enggak gampang, ada derajatnya semua, benar-benar detail," ucap Coq.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.