Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kesulitan Kawahara Racing Rancang Produk untuk Harley-Davidson

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawahara Racing menjadi salah satu bagian dalam Surui Motor Garage yang membangun motor Ujwala, Harley-Davidson Road Glide yang ikut Motor Bike Expo di Verona, Italia akhir Januari 2023.

Kawahara membuat bagian-bagian aksesori pada beberapa komponen dengan nama Surui. Komponen yang dibuat seperti air juicer, derby cover, knalpot yang dibuat secara khusus dan floor boards (foot peg).

Mengenai pembuatan produk untuk Harley-Davidson, Kawahara cuma dapat waktu satu bulan untuk melakukan research dan development. Berdasarkan pantauan redaksi saat press conference, produk yang digunakan punya kualitas finis yang baik.

Mengenai pembuatan produk untuk Harley-Davidson, Coq Siswanto, Founder Kawahara Racing mengatakan kalau ditemui beberapa kendala.

"Saya racing minded, saya (biasa) bikin untuk drag, bagaimana caranya agar part itu ringan. Tapi kalau Harley, saya harus pikir estetikanya, desain, bahan baku, tingkat kekuatannya," ucap Coq di Jakarta, belum lama ini.

Mengenai kekuatan, tentu harus sangat baik, mengingat aksesori tersebut akan dipasang pada motor yang bobotnya sampai 500 Kg. Apalagi produk yang dibuat juga dipakai pada komponen penting, seperti swing arm, triple clamp, dan riser.

"Untuk bahan baku, kita ke laboratorium, coba produk aftermarket dari Amerika, kita samakan. Kekuatan pasti sama, paling kita di desain dan finishing, walau memang masih banyak yang harus di-develop," kata Coq.

Coq bercerita, banyak kesulitan yang ditemui saat research & development, apalagi waktunya cukup singkat. Misal, komponen yang dibuat harus tetap rigid tanpa adanya las-lasan, begitu juga saat membuat triple clamp.

"Triple clamp juga enggak gampang, ada derajatnya semua, benar-benar detail," ucap Coq.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/01/12/104200115/kesulitan-kawahara-racing-rancang-produk-untuk-harley-davidson

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke