Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/01/2023, 10:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Umur aki atau baterai di mobil bisa dibilang cukup beragam. Ada yang awet hingga bertahun-tahun, juga cepat soak tergantung dengan pemakaian dan kondisi lingkungan.

Meski begitu, usia aki idealnya bisa diperhitungkan guna menjadi patokan apakah aki yang digunakan termasuk boros atau tidak.

Lantas, berapa lama umur aki mobil yang ideal?

Baca juga: Ketahui Tanda-tanda Aki Mobil Soak

Aki mobilDicky Aditya Wijaya Aki mobil

Kepala Toko Shop & Drive Penggaron Suprawitno, mengatakan umur aki idealnya mengikuti rekomendasi dari pabrikan yaitu sekitar satu setengah tahun.

“Idealnya 1,5 tahun atau 30.000 Km pemakaian, sesuai dengan rekomendasi pabrikan, tapi bisa saja umurnya lebih awet atau justru sebaliknya,” ucap Supra kepada Kompas.com, Minggu (8/1/2023).

Dia mengatakan umur aki mobil bisa menjadi awet bila pemilik mobil memperhatikan kebutuhan aki, baik perawatan hingga pemasangan rangkaian kelistrikan di mobil.

Baca juga: Daftar Harga Aki Mobil per Januari 2023

Pemeriksaan proses pengisian aki sudah penuh atau belum One Aki/Wawan Pemeriksaan proses pengisian aki sudah penuh atau belum

“Tergantung dari sistem kelistrikan di mobil masih bagus atau ada kebocoran arus listrik, kalau ada kebocoran kan meski mobil dimatikan arus listrik di aki tetap terus terkuras yang berakibat daya aki cepat habis,” ucap Supra.

Dia juga mengatakan rangkaian kelistrikan tambahan atau tidak standar juga makin meningkatkan peluang terjadinya kebocoran arus.

“Rangkaian tambahan di mobil kan beragam, ditangani oleh perorangan yang tidak melalui proses quality control seperti bawaan pabrik, itu sama saja meningkatkan peluang terjadinya kebocoran arus listrik yang bisa membuat aki cepat soak,” ucap Supra.

Baca juga: Jangan Asal, Ganti Aki Mobil Matik Ada Aturan Mainnya

Aki mobil tipe MFKompas.com Aki mobil tipe MF

Dia mengatakan awal mulanya kebocoran arus tidak akan merusak aki, tapi karena kondisi aki yang lebih sering tekor maka kerja aki menjadi lebih berat.

“Bila aki lebih berat dalam bekerja, maka otomatis akan mempengaruhi ketahananan komponen di dalam aki, apalagi bila sampai membuat air aki cepat habis atau tidak terkontrol itu akan merusak sel di dalam aki,” ucap Supra.

Dia mengatakan bila aki sampai kehabisan air aki, maka sel aki akan mudah korosi yang akhirnya bisa putus.

Baca juga: Apa Patokan Aki Mobil Sudah Penuh Dicas?

sel aki rusakOne Aki/Wawan sel aki rusak

“Dengan putus atau shortnya sel aki maka besarnya tegangan aki akan berkurang, kapasitas aki juga berkurang, sehingga kemampuan aki menjadi tidak optimal bahkan bisa menyebabkan mesin mogok,” ucap Supra.

Jadi, umur aki memang ada patokan standarnya yaitu sekitar 1,5 tahun atau pemakaian 30.000 Km, namun hal itu bisa maju atau mundur tergantung dengan kondisi rangkaian listrik di mobil dan perawatannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com