Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/01/2023, 09:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Aki atau baterai pada mobil merupakan komponen yang sangat penting guna menunjang performa. Dengan aki sehat, saat awal dihidupkan akan terasa mudah.

Jika aki sudah tidak sehat atau soak, maka kemudahan tersebut tidak akan didapatkan. Mobil menjadi susah hidup dan bahkan mogok.

Namun, kondisi seperti itu perlu dipastikan apakah benar aki yang soak menjadi penyebabnya. Lantas, apa tanda-tanda aki mobil yang benar-benar sudah soak?

Baca juga: Daftar Harga Aki Mobil per Januari 2023

Aki mobil tipe MFKompas.com Aki mobil tipe MF

Kepala Toko Shop & Drive Penggaron Suprawitno mengatakan, aki mobil yang soak bisa ditandai dengan susah hidup waktu pagi hari.

“Kenapa pagi, karena umumnya kendaraan terakhir digunakan malam hari, lalu mobil akan diparkir lama di garasi, hal itu akan menguji kekuatan aki dalam menyimpan daya listrik selama mobil tidak dinyalakan,” ucap Supra kepada Kompas.com, Minggu (8/1/2023).

Dia mengatakan aki yang soak tidak akan mampu menyimpan daya listrik dengan baik, sehingga pagi harinya mobil menjadi susah hidup.

Baca juga: Penting, Periksa Aki Mobil Sebelum Perjalanan Jauh

Perawatan aki mobil dengan cek daya isi baterai. Aki sehat, minimal memiliki tegangan 12 Volt.Dicky Aditya Wijaya Perawatan aki mobil dengan cek daya isi baterai. Aki sehat, minimal memiliki tegangan 12 Volt.

“Bila aki mobil sehat, mesin akan mudah dihidupkan di pagi hari, tapi perlu dipastikan juga apa benar gejala tersebut ditimbulkan dari aki yang soak dengan memeriksa kondisi akinya,” ucap Supra.

Dia mengatakan aki yang benar-benar soak umumnya ditandai dengan volume air aki yang cepat habis.

“Air aki yang cepat habis atau berkurang, misal setiap minggu harus menambah air aki, itu bisa menjadi tanda aki sudah soak, akan lebih akurat lagi dengan mengukur tegangan aki dengan alat AVO meter, bila kurang dari 12 volt saat mesin mati itu tanda aki sudah soak,” ucap Supra.

Baca juga: Jangan Asal, Ganti Aki Mobil Matik Ada Aturan Mainnya

Pemeriksaan proses pengisian aki sudah penuh atau belum One Aki/Wawan Pemeriksaan proses pengisian aki sudah penuh atau belum

Dia juga mengatakan dengan gejala yang sama, bisa saja aki masih bagus bila ada permasalahan lain di mesin.

“Misal terminal aki kendor atau tidak terpasang dengan baik, itu juga akan membuat mesin susah dihidupkan, itu sama saja arus listrik yang mengalir tidak lancar, jadi gejalanya sama dengan aki yang soak,” ucap Supra.

Dia mengatakan mesin yang pernah mengalami overheat juga bisa membuat mesin susah dihidupkan di pagi hari meski sebenarnya aki masih baik.

Baca juga: Ketahui Cara Ngecas Aki Mobil yang Benar

Jumper aki mobilMMKSI Jumper aki mobil

“Kalau mesin pernah overheat, itu bisa saja kepala silindernya sudah melenting, sehingga bisa membuat air radiator masuk ke ruang bakar meski belum parah, itu akan membuat ruang bakar basah sehingga mesin susah hidup,” ucap Supra.

Untuk membedakan aki atau masalah lain yang membuat mesin susah hidup bisa dilakukan dengan menguji kemampuan aki saat menstarter mobil.

“Saat memutar kunci kontak ke start, bisa sambil menyalakan klakson atau lampu, bila suara klakson melemah atau lampu redup, itu isa menjadi tanda aki sudah soak, kalau aki yang bagus klakson akan berbunyi normal lampu pun tetap menyala terang saat starter,” ucap Supra.

Baca juga: Kapan Waktu Ideal Ganti Aki Mobil?

Jadi, secara umum tanda aki mobil yang soak adalah mobil mengalami susah hidup, namun itu perlu dikonfirmasi apakah gejala tersebut disebabkan oleh aki yang soak atau masalah lain di mesin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com