Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/01/2023, 07:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - World Rally Championship (WRC) memensiunkan nomor #43 milik mendiang Ken Block untuk musim 2023. Keputusan ini diambil untuk mengenang Ken Block yang meninggal pada awal tahun.

Presiden FIA, Mohammed Ben Sulayem, mengatakan ini merupakan kali pertama Kejuaraan Reli Dunia memensiunkan nomor mobil milik pebalap.

Baca juga: PO Haryanto Langsung Rilis 2 Bus Baru Usai Rian Mahendra Keluar

“Mengingat kontribusi besar yang diberikan teman baik kita Ken Block untuk motorsport dan fakta bahwa dia sangat dihormati oleh orang-orang di seluruh dunia, sangat tepat bahwa #43 miliknya akan menjadi ditarik dari penggunaan selama musim WRC 2023,” kata Sulayem mengutip Carscoops, Senin (9/1/2023).

Ford Fiesta spek WRC tunggangan Ken Block di Moza Rally Show 2014cycleworld.com Ford Fiesta spek WRC tunggangan Ken Block di Moza Rally Show 2014

Sulayem tidak menyebut apakah nomor #43 boleh kembali digunakan untuk musim 2024 atau tidak. Hanya mengatakan bahwa hal ini hanya penghargaan kecil untuk pendiri DS Shoes tersebut.

“Meskipun ini adalah gerakan kecil, kami berharap ini akan memberikan kenyamanan bagi keluarga dan teman-temannya saat ini. Ken adalah legenda sejati dan kenangan akan legenda sejati ini akan hidup bersama kita selamanya,” kata dia.

Seperti diketahui, Ken Block meninggal dalam kecelakaan yang melibatkan mobil salju saat berada di Park City, Utah. Saat itu dia dalam perjalanan bersama keluarganya, namun sendirian saat kecelakaan itu terjadi.

Baca juga: Modifikasi Harian Honda PCX 160, Biaya Habis Dua Motor

Ken Block mengendarai motor trail di trek di halaman rumahnyaTWITTER/KBLOCK43 Ken Block mengendarai motor trail di trek di halaman rumahnya

Ken Block terkenal dengan video Gymkana yang mendunia, tetapi dia menghabiskan bertahun-tahun berkompetisi di WRC, Rally America, American Rally Association, Rallycross, dan olahraga motor serta extreme sport lainnya.

Selain WRC, kejuaraan lain juga memensiunkan nomor pebalap. Formula 1 memensiunkan nomor #17, setelah Jules Bianchi meninggal akibat cedera yang dideritanya saat GP Jepang 2014.

NASCAR memensiunkan nomor #61 milik Richie Evans setelah kematiannya pada tahun 1985. Walau ada juga nomor #3 milik Dale Earnhardt yang pensiun tidak resmi. Kemudian MotoGP memensiunkan nomor #46 Valentino Rossi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber Carscoops
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.