Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penting, Periksa Aki Mobil Sebelum Perjalanan Jauh

Kompas.com - 25/12/2022, 11:01 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Aki atau baterai merupakan komponen yang sangat penting pada mobil. Tanpa aki yang prima, mobil bisa saja mengalami mogok karena susah menghidupkan mesin.

Maka dari itu, sebelum Anda melakukan perjalan jauh menggunakan mobil selama libburan sebaiknya memeriksa kondisi aki.

Terlebih lagi, aki biasanya mengalami drop tiba-tiba saja sehingga berrisiko bila tidak memastikan kondisi aki sebelum perjalanan jauh.

Lantas, apa yang saja yang perlu diperiksa untuk menghindari aki mobil drop tiba-tiba selama liburan?

Baca juga: Daftar Harga Aki Mobil per Desember 2022

Pemeriksaan proses pengisian aki sudah penuh atau belum One Aki/Wawan Pemeriksaan proses pengisian aki sudah penuh atau belum

Kepala Toko Shop & Drive Penggaron Suprawitno, mengatakan sebelum bepergian memang sebaiknya aki mobil diperiksa, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti mobil mogok dan sejenisnya.

“Penting sekali memeriksa kondisi aki, karena selama liburan kita tidak tahu kondisi lingkungan yang akan dikunjungi, apakah ada toko aki, bengkel atau tidak, pasalnya kalau sampai mobil mogok karena aki, solusinya harus minta bantuan ke orang lain,” ucap Supra kepada Kompas.com, Sabtu (24/12/2022).

Dia mengatakan, dengan melakukan pemeriksaan aki sebelum perjalanan jauh, maka risiko mobil mogok selama liburan dapat dihindari.

Baca juga: Jangan Asal, Ganti Aki Mobil Matik Ada Aturan Mainnya

Aki mobil tipe MFKompas.com Aki mobil tipe MF

“Saat memeriksa kondisi aki, bisa diketahui apakah aki tersebut sudah waktunya ganti atau belum, karena sebelum perjalanan jauh aki harus benar-benar prima agar tidak mengalami drop di perjalanan,” ucap Supra.

Dia menjelaskan, tanda aki yang harus segera diganti bisa dilihat dari usia aki, hingga kemampuan aki dalam menyimpan daya listrik.

“Tanda aki sudah waktunya ganti bila dilihat dari usia pemakaian, setidaknya sudah di atas dua tahun sebaiknya diganti saja karena umumnya kemampuan aki dalam menyimpan arus listrik sudah mulai menurun,” ucap Supra.

Baca juga: Apa Patokan Aki Mobil Sudah Penuh Dicas?

poisisi tepat untuk mengetahui kepala akiSuprawitno poisisi tepat untuk mengetahui kepala aki

Dia juga mengatakan penurunan kemampuan aki dalam menyimpan arus listrik juga bisa ditandai dengan air aki yang berkurang cukup banyak.

“Dari air aki yang berkurang cukup banyak bisa menjadi tanda aki sudah mulai soak, jika itu jenis aki basah, kalau tidak tanda yang lain bisa dilihat dari lama waktu untuk starter mobil ketika pagi,” ucap Supra.

Menurut Supra waktu pagi bisa menjadi saat yang paling tepat untuk menguji kemampuan aki dalam menyimpan arus listrik.

Baca juga: Kapan Waktu Ideal Ganti Aki Mobil?

Aki MobilASTRA OTOPARTS Aki Mobil

“Ketika mobil diparkir lama, itu tidak terjadi pengisian, sehingga kemampuan aki bakal teruji, bila setelah lama mesin mati aki yang sudah jelek akan kekurangan daya listrik sehingga untuk menghidupkan mesin saat pagi bakal berat,” ucap Supra.

Nah, jika sudah seperti itu maka menurut Supra aki sebaiknya diganti sebelum perjalanan luar kota demi menjaga kenyamanan selama liburan menggunakan mobil pribadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com