Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Hunter Scrambler 500, Moge untuk Uji Praktik SIM CI

Kompas.com - 05/01/2023, 07:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan menyiapkan motor baru untuk uji praktik SIM CI. Mengingat sudah ada pengkategorian SIM C berdasarkan Peraturan Polri No. 5 Tahun 2021.

Pada aturan tersebut, SIM C dibagi jadi tiga berdasarkan kapasitas mesin. Pertama ada SIM C untuk motor sampai 250 cc, lalu ada SIM CI untuk di atas 250 cc sampai 500 cc, dan SIM CII untuk motor di atas 500 cc.

Oleh karena itu, perlu ada penyesuaian motor yang digunakan untuk ujian praktek SIM, terutama CI dan CII.

Baca juga: Percepat Elektrifikasi, Negara Ini Beri Motor Listrik Gratis ke Rakyat

Hunter Scrambler 500 jadi motor untuk praktek uji SIM CIINSTAGRAM/DIMASPOPO Hunter Scrambler 500 jadi motor untuk praktek uji SIM CI

Pada media sosial, tersebar foto motor baru dengan tulisan Motor Praktek Uji SIM CI. Motor tersebut adalah Hunter Scrambler 500 dengan livery putih dan panah biru khas motor untuk ujian praktek SIM.

Untuk spesifikasinya, Hunter Scrambler 500 menggunakan mesin empat tak parallel twin atau dua silinder segaris dengan kapasitas 471 cc. Spesifikasi mesin tersebut cocok untuk SIM CI karena berada di atas 250 cc sampai 500 cc.

Motor bergaya Neo Classic tersebut menghasilkan tenaga 36 kW atau 48,2 Tenaga Kuda (TK) dan torsi 44 Nm. Bobot motornya juga cukup berat, sekitar 170 Kg.

Baca juga: Harga LCGC Bekas Awal 2023 mulai Rp 63 Jutaan


Untuk sektor kaki-kaki, Scrambler 500 ini menggunakan suspensi dari KYB di depan dan mono shock di belakang. Selain itu, model swingarm-nya juga single sided atau bisa disebut mono-arm.

Kemudian pengeremannya sudah menggunakan double disc di roda depan dan rem cakram di belakang dengan ABS. Bedanya dengan yang ada di website Hunter, unit yang sedang akan digunakan untuk praktek uji SIM memakai pelek alloy atau spoke.

Untuk harganya, Scrambler 500 dari Hunter ini dibanderol sekitar Rp 151 juta - Rp 166 jutaan.

 

Spesifikasi Lengkap Hunter Scrambler 500 :

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.