Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Terpaksa Lewat Jalanan yang Banjir, Begini Cara yang Aman

Kompas.com - 03/01/2023, 20:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki awal 2023, BMKG memperkirakan adanya cuaca ekstrem di beberapa kota di Indonesia. Selain cuaca ekstrem, ada juga perkiraan banjir rob akibat fenomena full moon pada 3-10 Januari 2023.

Oleh karena itu, ada kemungkinan beberapa lokasi terendam banjir. Bagi pengguna kendaraan bermotor, sebaiknya memang tidak melintasi jalanan yang terendam.

Hal ini dikarenakan ada beberapa risiko yang bisa merusak kendaraan. Misal, air masuk ke ruang mesin baik lewat saluran udara maupun knalpot.

Baca juga: Motor Terendam Banjir Rob, Ini Komponen yang Rawan Rusak

Banjir masih merendam beberapa titik di Kota SemarangKOMPAS.COM/Muchamad Dafi Yusuf Banjir masih merendam beberapa titik di Kota Semarang

Tapi jika terpaksa melintasi jalan tersebut, apa yang bisa dilakukan pengendara?

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana mengatakan, pengendara harus lihat yang lain, ketika melintasi jalanan tersebut apakah dalam atau tidak.

"Batas aman genangan bisa dilewati adalah setengah roda atau di bawah lubang knalpot," ucap Agus kepada Kompas.com, Selasa (3/1/2023).

Baca juga: 4 Jenis Bus untuk Transportasi Umum di IKN Nusantara

Ketika terlihat orang lain aman melalui jalan tersebut, maka bisa juga dilintasi. Tapi jika sudah terlihat orang yang mendorong motornya, lebih baik urungkan niat untuk melewati banjir.

Jika memang benar-benar terpaksa harus melewati jalan tersebut, ada cara untuk meminimalisir risiko air masuk ke ruang mesin. Pengendara harus menjaga gas tetap terbuka.

"Tahan gas pada putaran rendah dan tidak membuka-tutup gas agar air tidak dapat masuk lewat lubang knalpot," ucap Agus.

Tips lainnya adalah jaga kesimbangan dengan baik, jangan sampai berhenti di tengah genangan air. Selain itu, pastikan kondisi di depan kosong, agar tidak perlu berhenti di tengah-tengah.

Tapi sangat disarankan untuk tidak memaksakan diri melintas. Lebih baik putar balik dan cari jalan yang lebih aman, untuk menekan risiko kerugian yang didapat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.