Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ducati Dukung Bagnaia Pakai Nomor Start 1

Kompas.com - 30/12/2022, 09:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nomor start 1 boleh dipergunakan hanya untuk juara dunia MotoGP. Terlepas dari mitos yang ada, Ducati mendukung jika Francesco Bagnaia memakai nomor tersebut.

Sebelumnya, beredar mitos soal nomor start 1 di kalangan pebalap MotoGP. Barang siapa yang menggunakannya, maka tidak akan bisa mempertahankan gelar juara dunianya.

Baca juga: Bagnaia Ucapkan Terima Kasih pada VR46 Academy

Meskipun hanya mitos, tapi kejadian tersebut beberapa kali jadi kenyataan. Beberapa pebalap yang pernah merasakannya, seperti Nicky Hayden, Jorge Lorenzo, dan Casey Stoner.

Ekspresi pebalap Ducati Francesco Bagnaia setelah dipastikan menjadi juara dunia MotoGP 2022. Bagnaia dipastikan menjadi juara dunia seusai merampungkan balapan MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol, Minggu (6/11/2022).AFP/JOSE JORDAN Ekspresi pebalap Ducati Francesco Bagnaia setelah dipastikan menjadi juara dunia MotoGP 2022. Bagnaia dipastikan menjadi juara dunia seusai merampungkan balapan MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol, Minggu (6/11/2022).

Paolo Ciabatti, Direktur Olahraga Ducati, mengatakan, nomor start 1 tentunya penting, karena itu memberikan sinyal yang jelas bawah nomor 1 adalah milik juara dunia.

"Dari sudut pandang perusahaan, akan luar biasa jika pebalap kami memilih nomor 1," ujar Ciabatti, dikutip dari Speedweek.com, Kamis (29/12/2022).

Baca juga: CEO Ducati Sebut Gelar Bagnaia Lebih Indah Ketimbang Stoner

"Di sisi lain, kami juga mengerti bahwa ada mitos yang terlibat dan fakta bahwa pebalap saat ini membangun reputasi dan merchandise menggunakan nomor mereka," kata Ciabatti.

Pebalap Ducati asal Italia Francesco Bagnaia (kanan) merayakan gelar juara dunia MotoGP 2022 setelah balapan Grand Prix MotoGP Valencia di Ricardo Tormo di Cheste, Valencia, pada Minggu 6 November 2022.AFP/JOSE JORDAN Pebalap Ducati asal Italia Francesco Bagnaia (kanan) merayakan gelar juara dunia MotoGP 2022 setelah balapan Grand Prix MotoGP Valencia di Ricardo Tormo di Cheste, Valencia, pada Minggu 6 November 2022.

Untuk diketahui, nomor start 1 sudah lama sekali tidak digunakan di kelas MotoGP. Terakhir kali nomor ini digunakan pada 2012 oleh Casey Stoner.

Selain Hayden, Stoner, dan Lorenzo, belum ada pebalap MotoGP lainnya yang menggunakan nomor tersebut. Bahkan, Valentino Rossi, Marc Marquez, Joan Mir, dan Fabio Quartararo, menolak untuk menggunakannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com