Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lalu Lintas Puncak Mulai Macet, Polisi Berlakukan One Way Sepenggal

Kompas.com - 30/12/2022, 06:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com – Jelang malam tahun baru, kepadatan mulai terasa di kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat. Di mana arus lalu lintas menuju Jakarta di Jalan Raya Puncak, Bogor, Jawa Barat, dilaporkan mengalami kemacetan.

Polisi menerapkan skema sistem satu arah atau One Way sepenggal, dari Simpang Gadog hingga Cipayung Megamendung.

“Diberlakukan one way sepenggal, tidak akan lama, hanya untuk memperlancar arus menuju Jakarta. Jadi sekarang One Way untuk arah Jakarta, yang arah Puncak ditahan dulu sampai arus normal,” kata KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ketut Laswarjana, disitat dari NTMC Polri (29/12/2022).

Baca juga: Jalan Tol Terowongan Terpanjang Sudah Dibuka, Masih Gratis

Situasi arus kendaraan di Jalan Raya Puncak Bogor, Jawa Barat, terpantau macet jelang libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), Jumat (23/12/2022).KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Situasi arus kendaraan di Jalan Raya Puncak Bogor, Jawa Barat, terpantau macet jelang libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), Jumat (23/12/2022).

Ketut menjelaskan, penutupan arus arah Puncak hanya diterapkan sejauh 4 Km, mulai Simpang Gadog hingga kawasan Cipayung, Megamendung. Hal ini diberlakukan agar kendaraan arah Jakarta tidak menumpuk di kawasan Cisarua.

“One Way per penggal kita laksanakan dari Gadog sampai Cipayung, Megamendung, kurang lebih 4 Km jaraknya. Dan waktunya paling lama sekitar 1 jam kita berlakukan, tidak akan lama,” ucap Ketut.

Ketut mengatakan, arus lalu lintas di Jalan Raya Puncak sejak awal pekan lalu mengalami peningkatan dari biasanya. Ia menyebutkan sebanyak 13.000 kendaraan mengarah ke Puncak hingga Kamis (29/12/2022) siang.

Baca juga: Kenapa Mobil Tua Kerap Alami Patah As Roda di Jalan?

“Sore hari ini banyak masyarakat yang datang pagi tadi, akan pulang sore ini. Jadi banyak juga yang mengarah ke Jakarta. Jadi kita antisipasi dengan rekayasa per penggal, One Way per penggal,” kata Ketut.

“Dari Senin, arus lalu lintas ada peningkatan, seperti saya sampaikan, masyarakat sekarang ini datang menghindari gage dan datang berwisata ke kawasan Puncak di hari biasa, Senin sampai Kamis, kemudian sekarang kan masih libur sekolah, apalagi jelang tahun baru kan ini,” ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com