Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas Macet, Ini Titik Keramaian di Jakarta Saat Malam Tahun Baru

Kompas.com - 29/12/2022, 17:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Jelang malam tahun baru yang berlangsung beberapa hari lagi, Polda Metro Jaya telah memetakan sejumlah titik di Jakarta yang diprediksi akan terjadi keramaian.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan merinci beberapa titik yang diprediksi macet, di antaranya kawasan Monas, Gelora Bung Karno, Bundaran HI, dan Patung Ondel-ondel.

Selain itu, di Jakarta Aquarium, Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, kawasan Kota Tua, dan kawasan Pantai Indah Kapuk.

Baca juga: Dijual Tahun Depan, Harga Motor Listrik Charged Mulai Rp 38 Juta

Tampilan konsep Bundaran HI Digital Network saat malam hari
City Fashion Tampilan konsep Bundaran HI Digital Network saat malam hari

“Lalu, kawasan Blok M, Senopati, Kemang, Ragunan, BSD, Summarecon Bekasi, dan Alam Sutera,” ujar Zulpan, disitat dari NTMC Polri (29/12/2022).

Zulpan menyebut pihaknya juga telah memetakan sejumlah kejadian yang rawan terjadi saat malam tahun baru. Kerawanan tersebut mulai dari faktor manusia dan faktor alam.

Kerawanan saat tahun baru yaitu kerumunan karena konser dan pesta kembang api. Lalu kemacetan karena konvoi dan pawai keliling.

Baca juga: Jalan Tol Terowongan Terpanjang Sudah Dibuka, Masih Gratis

Sebelumnya, Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo, mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengadakan Festival Malam Tahun Baru yang dihelat di sepanjang Jalan MH Thamrin dan Jalan Jenderal Sudirman pada Sabtu (31/12/2022) malam, hingga Minggu (1/1/2023) dini hari.

Rencananya, bakal ada tujuh panggung di sepanjang Jalan MH Thamrin dan Jalan Jenderal Sudirman saat berlangsungnya acara tersebut.

“Pengalihan arus lalin akan dilakukan bertahap mulai pukul 18.00 WIB, menyesuaikan kondisi lalin di lapangan,” ujar Syafrin, dalam keterangan tertulis (27/12/2022).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com