Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat, Jalan Sudirman-Thamrin Tutup Saat Malam Tahun Baru 2023

Kompas.com - 30/12/2022, 06:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan melakukan penutupan jalan pada malam pergantian tahun baru 2023 di sepanjang Jalan MH Thamrin hingga Jalan Sudirman.

Langkah tersebut dilakukan sehubungan adanya festival yang dibungkus dalam kegiatan Car Free Night (CFN) dengan panggung hiburan di tujuh titik lokasi di sepanjang ruas atau jalan terkait.

"Penutupan ruas jalan bakal dilakukan secara bertahap mulai Sabtu, 31 Desember 2022 pukul 18.00 WIB sampai pukul 20.00 WIB atau menyesuaikan dengan kondisi lalu lintas," kata Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo, Kamis (29/12/2022).

Baca juga: Ini Penyebab Truk Semen Jatuh ke Laut di Pelabuhan Merak

Petugas kepolisian dan Satpol PP meminta pengendara memutar arah saat diberlakukannya Car Free Night (malam bebas kendaraan)  dan Crowd Free Night (malam bebas keramaian) pada malam pergantian tahun di Jalan MH Thamrin, Jakarta (31/12/2020). Polda Metro Jaya melakukan Car Free Night dan Crowd Free Night dengan menutup sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin, Jakarta pada malam pergantian tahun untuk mencegah kerumunan warga.ANTARA FOTO/HAFIDZ MUBARAK A Petugas kepolisian dan Satpol PP meminta pengendara memutar arah saat diberlakukannya Car Free Night (malam bebas kendaraan) dan Crowd Free Night (malam bebas keramaian) pada malam pergantian tahun di Jalan MH Thamrin, Jakarta (31/12/2020). Polda Metro Jaya melakukan Car Free Night dan Crowd Free Night dengan menutup sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin, Jakarta pada malam pergantian tahun untuk mencegah kerumunan warga.

"Penutupan total dilakukan pada pukul 20.00 WIB sampai dengan Minggu, 1 Januari 2023 pukul 02.00 WIB," lanjut dia.

Dengannya, terdapat rekayasa lalu lintas untuk memastikan mobilitas masyarakat yang hendak melintas tidak terganggu.

Berikut pengalihan arus lalu lintas saat malam tahun yang akan diterapkan:

1. Arus dari Jalan Medan Merdeka Timur yang menuju Jalan Medan Merdeka Utara diarahkan ke Jalan Pejambon.

2. Arus dari Jalan Medan Merdeka Selatan yang menuju Jalan M. H. Thamrin diarahkan ke Jalan Budi Kemuliaan atau dibelokan ke Jalan Medan Merdeka Barat.

Arus dari Jalan Medan Merdeka Barat yang menuju Jalan M. H. Thamrin diarahkan ke kiri Jalan Medan Merdeka Selatan atau Dibelokan ke kanan ke Jalan Budi Kemuliaan.

Sementara arus dari Jalan Budi Kemuliaan yang menuju Jalan M. H. Thamrin diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Selatan atau Jalan Medan Meredeka Barat.

3. Arus lalu linta dari Jalan Abdul Muis yang akan belok kiri ke Jalan Kebon Sirih dialihkan ke Jalan Fachrudin. Untuk dari Jalan Jatibaru yang menuju Jalan Kebon Sirih dibelokan ke Jalan Abdul Muis atau dibelokan ke Jalan Fachrudin.

Baca juga: Mau Touring Motor Saat Tahun Baru, Perhatikan Ini

Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, mulai ditutup untuk acara car free night malam pergantian tahun, Senin (31/12/2018).KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, mulai ditutup untuk acara car free night malam pergantian tahun, Senin (31/12/2018).

4. Arus dari Jalan Agus Salim yang akan belok Jalan K. H Wahid Hasyim dibelokan ke Jalan Wahid Hasyim Arah Tugu Tani.

5. Arus dari Jalan Fachrudin yang akan belok ke kiri ke Jalan K. H. Wahid Hasyim diluruskan ke Jalan K. H. Mas Mansyur.

6. Arus dari Jalan Agus Salim yang akan beloik ke Jalan K. H. Wahid Hasyim dibelokan ke kanan Jalan Wahid Hasyim arah Tugu Tani.

7. Arus dari Jalan K. H. Mas Mansyur yang akan belok kiri menuju ke Bundaran Hotel Indonesia diLuruskan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com