Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaleidoskop 2022: Ragam Inovasi dari Karoseri yang Dipasang di Bus Baru

Kompas.com - 29/12/2022, 08:12 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama 2022, berbagai karoseri bus menawarkan hal yang baru untuk para pelanggannya. Inovasi yang ditawarkan bisa berupa update teknologi sampai pilihan custom pada bagian interior.

Pada 2021, hadir berbagai inovasi dari beberapa karoseri, seperti bus medium monokok buatan Adiputro. Lalu ada suites combi bus medium dari Laksana, lalu ada spion kamera dan kamera 360 yang ditawarkan Karoseri Tentrem.

Untuk 2022, inovasi tetap muncul untuk memberikan kebebasan pada pelanggan ingin membuat bus yang seperti apa. Misal seperti Laksana Individual yang menawarkan kustomisasi bodi sampai ke bagian kabin.

Baca juga: Bandung Dapat 8 Unit Bus Listrik Eks KTT G20, Begini Speknya

Oppal Buzz Studio, studi podcast berjalan dengan bodi Jetbus Transit buatan Adi PutroKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Oppal Buzz Studio, studi podcast berjalan dengan bodi Jetbus Transit buatan Adi Putro

Dari Laksana Individual, sudah tercipta bus dengan kabin mewah sampai motorhome berbasis pikap kabin ganda. Selain Laksana, Adiputro juga membuat bus dengan pesanan interior yang spesial.

Sebut saja bus podcast milik Oppal yang memakai basis Jetbus Transit. Lalu ada bus pariwisata mewah milik Travelink dan bus double decker AKAP super nyaman milik PO Juragan99 Trans.

Lalu, ada susunan kabin baru yang ditawarkan Karoseri Laksana, yakni Suites Combi di bodi bus besar. Selain itu, bangku suites yang nyaman dari Laksana kini dibuat susunan dua kanan dan satu kiri (2-1), semakin menguntungkan pemesan.

Baca juga: Seberapa Besar Pengaruh Matikan AC dengan Efisiensi BBM Mobil

Kabin bus Avante H9 Priority milik PO Harapan IndahKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kabin bus Avante H9 Priority milik PO Harapan Indah

Sedangkan Karoseri Tentrem, menawarkan kabin super nyaman dengan nama Priority. Keunggulan dari buatan karoseri lain adalah bangkunya disusun zig-zag, sehingga penumpang bisa selonjoran.

Inovasi lain yang ditawarkan adalah bodi bus dari New Armada dengan videotron di bagian belakang. Jadi ada layar yang ukurannya besar, bisa menampilkan iklan atau jadi monitor kondisi di depan bus.

Selain itu, New Armada juga menawarkan running text LED untuk di kabin bus sebagai pengganti TV yang ada di depan. Fungsi dari running text ini bisa menampilkan berbagai informasi, seperti trayek dan sebagainya.

New Skylander R22 buatan Karoseri New ArmadaKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI New Skylander R22 buatan Karoseri New Armada

Dari sisi keamanan, Karoseri Laksana menawarkan bodi Legacy SR3 dengan FUPS atau Front Under-run Protection System. Jadi di balik bumper depan, ada peranti penyelamat, mencegah kendaraan yang terlibat tabrakan tersangkut.

Selain itu, jika ada FUPS, sistem keselamatan pada kendaraan yang ditabrak seperti airbag bisa aktif. Jadi mengurangi fatalitas ketika terlibat adu kambing dengan bus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com