Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/12/2022, 08:15 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Toyota Kijang Innova punya cerita panjang di Indonesia, dengan 18 tahun mengaspal sejak 2004. Tentu banyak orang yang paham dan mengerti tentang karakteristik Innova, sampai dengan generasi Innova Reborn, hingga kali ini muncul Innova Zenix.

Jangan bayangkan Innova Zenix bakal punya rasa dan karakter yang sama atau mirip dengan generasi sebelumnya. Toyota Astra Motor (TAM) bahkan menyebutnya sebagai "binatang baru".

Lalu seperti apa rasa baru yang ditawarkan Innova Zenix?

Kompas.com mendapatkan kesempatan menguji Innova Zenix dengan pengujian jarak jauh, dari Jakarta menuju Semarang dan Yogyakarta, dalam kegiatan journalist test drive yang diadakan TAM, awal pekan ini.

Baca juga: Beli Innova Zenix Sekarang Tidak Bisa Dipakai buat Lebaran

Unit yang diuji pertama adalah Innova Zenix Gasoline (bensin) varian V CVT. Innova Zenix bensin ini memakai platform TNGA yang sama dengan Innova Zenix tipe hybrid.

Bobot mobil diklaim menyusut sampai 170 kg dibanding model sebelumnya, dan rasio power to weight yang jauh lebih baik sekitar 79 persen.

Kompas.com lebih dulu menjadi penumpang di baris kedua pada sesi pertama pengujian. Jok masih menggunakan bahan fabric (kain) dan belum mengadopsi model captain seat. Ada arm rest di tengah, yang bisa juga berfungsi sebagai cup holder.

Kabin belakang Toyota Innova Zenix Bensin.dok TAM Kabin belakang Toyota Innova Zenix Bensin.

Kelebihan Innova Zenix Bensin V CVT ini ada pada Rear Seat Entertainment (RSE). Ada dua layar berukuran 10 inci yang terpasang di belakang kursi depan.

Pengaturan AC juga terpisah atau bisa dilakukan sendiri oleh penumpang di baris kedua. Tersedia juga port charger buat mengisi daya ponsel.

Posisi duduk untuk penumpang dengan tinggi badan 170 cm atau rata-rata orang Indonesia terbilang ergonomis. Masih cukup banyak sisa antara lutut dengan jok depan, dan head room juga cukup luas.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.