Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tes Innova Zenix Bensin, Penuh Rasa Baru?

Kompas.com - 22/12/2022, 08:15 WIB
Azwar Ferdian

Editor

SEMARANG, KOMPAS.com - Toyota Kijang Innova punya cerita panjang di Indonesia, dengan 18 tahun mengaspal sejak 2004. Tentu banyak orang yang paham dan mengerti tentang karakteristik Innova, sampai dengan generasi Innova Reborn, hingga kali ini muncul Innova Zenix.

Jangan bayangkan Innova Zenix bakal punya rasa dan karakter yang sama atau mirip dengan generasi sebelumnya. Toyota Astra Motor (TAM) bahkan menyebutnya sebagai "binatang baru".

Lalu seperti apa rasa baru yang ditawarkan Innova Zenix?

Kompas.com mendapatkan kesempatan menguji Innova Zenix dengan pengujian jarak jauh, dari Jakarta menuju Semarang dan Yogyakarta, dalam kegiatan journalist test drive yang diadakan TAM, awal pekan ini.

Baca juga: Beli Innova Zenix Sekarang Tidak Bisa Dipakai buat Lebaran

Unit yang diuji pertama adalah Innova Zenix Gasoline (bensin) varian V CVT. Innova Zenix bensin ini memakai platform TNGA yang sama dengan Innova Zenix tipe hybrid.

Bobot mobil diklaim menyusut sampai 170 kg dibanding model sebelumnya, dan rasio power to weight yang jauh lebih baik sekitar 79 persen.

Kompas.com lebih dulu menjadi penumpang di baris kedua pada sesi pertama pengujian. Jok masih menggunakan bahan fabric (kain) dan belum mengadopsi model captain seat. Ada arm rest di tengah, yang bisa juga berfungsi sebagai cup holder.

Kabin belakang Toyota Innova Zenix Bensin.dok TAM Kabin belakang Toyota Innova Zenix Bensin.

Kelebihan Innova Zenix Bensin V CVT ini ada pada Rear Seat Entertainment (RSE). Ada dua layar berukuran 10 inci yang terpasang di belakang kursi depan.

Pengaturan AC juga terpisah atau bisa dilakukan sendiri oleh penumpang di baris kedua. Tersedia juga port charger buat mengisi daya ponsel.

Posisi duduk untuk penumpang dengan tinggi badan 170 cm atau rata-rata orang Indonesia terbilang ergonomis. Masih cukup banyak sisa antara lutut dengan jok depan, dan head room juga cukup luas.

Ada mode Sofa Mode dengan mengatur konfigurasi ketiga baris bangku yang fleksibel. Namun bila kursi baris ketiga tidak digunakan, bisa dilipat ke depan. Generasi ini sudah tidak lagi menggantung kursi baris ketiga, seperti pada Innova model lawas.

Puas mengeksplorasi baris kedua, Kompas.com kini berada di balik kemudi, untuk merasakan performa mesin baru Innova Zenix Bensin dengan sistem gerak roda depan dan transmisi CVT.

Mesin Toyota Innova Zenix Bensindok TAM Mesin Toyota Innova Zenix Bensin

Performa Mesin

Mesin TNGA 2.0L berkode M20A-FKS Dynamic Force Engine. Mesin menghasilkan tenaga 174 PS pada 6.600 rpm dan torsi 20,9 Kgm pada 4.500-4.900 rpm. Sebagai informasi, Innova bensin sebelumnya mengandalkan mesin 2.000 cc 4 silinder Dual VVT-i bertenaga 139 PS dan torsi 18,7 Kgm.

Mesin tersebut dikombinasikan dengan transmisi 10-Speed Direct Shift CVT. Kinerja komponen mekanis yang efisien dan rasio sabuk baja lebih lebar diklaim bisa meningkatkan efisiensi bahan bakar, akselerasi, dan operasional yang senyap.

Baca juga: Innova Zenix Pakai Modellista, Bukan Gazoo Racing

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com