Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karoseri Tentrem Perkenalkan Avante H7 Facelift, Tampilan Lebih Segar

Kompas.com - 14/12/2022, 13:21 WIB

 

JAKARTA, KOMPAS.com - PO Bagong baru saja meluncurkan divisi baru yakni AKAP dan pariwisata. Selain itu, PO yang bermarkas di Malang ini juga memperkenalkan beberapa bus baru, salah satunya adalah Avante H7 Facelift dari Karoseri Tentrem.

Bicara soal Avante H series, pertama kali diperkenalkan pada GIIAS 2019. Saat itu, bus dari Karoseri Tentrem ini punya ciri dari bentuk kaca depan yang jenong, berbeda dari bus-bus buatan karoseri lain.

Namun berselang tiga tahun, Avante H series lewat model H7 mendapatkan facelift. Ubahan yang dilakukan cukup banyak dari bagian eksterior dan desain keseluruhan.

Baca juga: Lumayan Ribet Persiapan Pengantaran Sasis Bus ke Karoseri

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PT Tentrem Sejahtera (@tentrembusofficial)

 

Yohan Wahyudi, Director Karoseri Tentrem mengatakan, untuk ubahan pada bagian eksterior, ada pada kaca depan atas baru, bumper depan dan belakang, selendang, sampai ke kisi-kisi mesin.

"Kaca depan atas lebih tegak, kaca bawah posisinya tidak kita ubah," ucap Yohan kepada Kompas.com, Rabu (14/12/2022).

Secara tampilan, Avante H7 Facelift memang masih terasa aura elegannya. Kalau dilihat bagian bumper depan juga tampak perubahan yang lebih membuat tampilannya lebih garang.

Baca juga: Beratnya Jadi Sopir Sasis Bus, Nyetir Bus Pakai Helm dan Jas Hujan

Bisa dilihat pada bagian bawah lampu, ada lampu kabut baru. Selain itu, ditarik garis-garis tegas dan ada sambungan yang kontras warnanya antara lampu depan kanan ke kiri.

Kemudian dari bagian samping, memang ada sedikit ubahan di bagian kaca depan. Pada kaca atas, dibuat lebih tegak tapi tetap tidak menghilangkan ciri khas Avante dari Tentrem.

"Pandangan penumpang enggak ada masalah. Itu kelebihan kita, kaca double tetapi tetap lega" ucap Yohan

Lalu, bagian selendang yang tadinya menyambung ke bando, kini dibuat terpisah. Jadi ornamennya hanya di bagian bawah dan ada motif diamond cut. Model selendang seperti ini jadi tidak menghalangi pandangan penumpang ke arah samping.

Untuk bagian belakang, bumper diubah juga, bahasa desainnya mirip dengan yang di depan. Lalu, kisi-kisi udara untuk mesin pun modelnya baru, memberi kesan manis di bagian belakang.

"Kalau kabin, head room kita naik 5 cm. Lebih lega lagi sekarang kalau duduk maupun jalan di gangway tengah," kata Yohan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.