Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lumayan Ribet Persiapan Pengantaran Sasis Bus ke Karoseri

Kompas.com - 14/12/2022, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Konstruksi bus yang beredar di Indonesia secara umum terbagi dua, yakni sasis dan bodi. Sebelum bodi dibuat, sasis harus diantar dahulu dari gudang agen pemegang merek (APM) atau diler ke karoseri.

Biasanya, perjalanan sasis ke karoseri ini bisa lewat darat atau disetir langsung. Uniknya, sasis yang masih kosong tanpa bodi ini dikemudikan oleh seorang sopir yang khusus bekerja mengantar sasis.

Melihat proses pengiriman sasis bus atau truk tanpa bodi ini lumayan ribet.

Alex, pengemudi sasis bus dari Hartono Raya Motor, diler bus Mercedes Benz mengatakan, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan pada sasis bus sebelum diantar.

Baca juga: Cara Mengantar Sasis Bus ke Karoseri, Ada yang Langsung dan Digendong

Sasis bus Mercedes Benz OH 1526DOK. DCVI Sasis bus Mercedes Benz OH 1526

"Pertama harus merapikan plastik yang melindungi sekring, relay, atau soket. Biasanya dari pabrik itu kurang maksimal, jadi kita juga bawa sendiri dari kantor," ucap Alex kepada Kompas.com, Selasa (13/12/2022).

Mengingat sasis ini belum ada pelindung atau bodi, kotak sekring terpampang di bagian luar. Jadi sangat rawan ketika sasis kehujanan saat sedang diantar ke karoseri.

"Kita persiapan terpal, kita lapis lagi plastik yang menutup sekring. Kalau sudah kena angin atau hujan, bisa habis semua dan kita yang repot," ucap Alex.

Baca juga: Honda Breeze, Sosok Alternatif CR-V yang Lebih Elegan


Selain kotak sekring yang harus diamankan, ada komponen lain yang cukup rawan terjatuh saat bus sedang berjalan. Contoh adalah aki sasis bus Mercedes Benz OH 1526 yang dudukannya kurang kuat.

"1526 kan dudukan akinya palet, harus pakai balok lagi di bawahnya. Pernah kejadian jatuh akinya dan pengemudi harus ganti, risikonya begitu kalau di jalanan," ucap Alex.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.