Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Balap Valentino Rossi Masih Betah Pakai Motor Ducati

Kompas.com - 10/12/2022, 08:42 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Tim milik Valentino Rossi, VR46 Racing Team, dikabarkan akan berganti pabrikan, dari Ducati ke Yamaha pada MotoGP 2024.

Isu ini berkembang setelah adanya protes terhadap Ducati yang memiliki 8 pebalap dari 4 tim sejak MotoGP 2022 hingga 2023 mendatang.

Hal itu dianggap tak adil bila dibandingkan tim lain yang maksimal memiliki 4 pebalap. Termasuk Yamaha yang pada 2022 hanya memiliki satu tim satelit yakni RNF Racing.

Baca juga: Honda Forza 250 Terbaru Siap Meluncur, Dijual Rp 79 Jutaan

Luca Marini saat berlaga pada MotoGP Belanda 2022Dok. @vr46racingteam Luca Marini saat berlaga pada MotoGP Belanda 2022

Namun, RNF Racing memilih bergabung dengan Aprilia di MotoGP 2023 mendatang. Artinya, Yamaha hanya punya dua motor di atas trek pada MotoGP 2023.

“Tim VR46 memiliki kontrak dengan Ducati hingga 2024. Kami sangat senang dengan hubungan kami," ujar Sporting Director Ducati Corse Paolo Ciabatti, dikutip dari Corsedimoto (9/12/2022).

Sementara Presiden FIM Jorge Viegas, menyebut VR46 Racing bisa meninggalkan Ducati pada MotoGP 2024 untuk gabung dengan Yamaha.

Baca juga: Menentukan Posisi Duduk Saat Naik Bus yang Paling Nyaman

Namun menurut Ciabatti, sejauh ini tak ada pembahasan terkait kontrak dengan VR46 Racing. Ciabatti mengatakan, VR46 masih betah di Ducati berkat penampilan yang gemilang para pebalapnya di MotoGP 2022.

"Dan mereka tidak pernah menyatakan kesediaan untuk membahas kembali kesepakatan tersebut. Juga karena Luca Marini dan Marco Bezzecchi telah mencapai hasil yang sangat baik dengan Ducati," ucap Ciabatti.

"Mereka sangat senang dan saya yakin hari ini mereka tidak punya alasan untuk memikirkan perubahan," kata dia.

Baca juga: Diusulkan Dapat Subsidi Mobil Listrik, Begini Tanggapan Esemka

Pebalap Mooney VR46 Racing, Marco Bezzecchi memacu sepeda motornya saat sesi latihan bebas 3 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (19/3/2022). Marquez keluar sebagai pebalap tercepat pada FP3 dengan catatan waktu 1 menit 34,067 detik.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pebalap Mooney VR46 Racing, Marco Bezzecchi memacu sepeda motornya saat sesi latihan bebas 3 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (19/3/2022). Marquez keluar sebagai pebalap tercepat pada FP3 dengan catatan waktu 1 menit 34,067 detik.

Sebagai informasi, Luca Marini berhasil finis di peringkat ke-12 MotoGP 2022, meski belum pernah pole dan meraih podium.

Adapun Marco Bezzecchi berhasil menyabet gelar Rookie of The Year. Terlebih, Bezzecchi finis di peringkat 14 klasemen dengan sekali meraih podium.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.