Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain bZ4X Toyota Bakal Luncurkan Mobil Listrik Lagi di Indonesia

Kompas.com - 09/12/2022, 11:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) menyatakan akan mengenalkan lebih banyak kendaraan listrik di masa mendatang melalui strategi multi-pathways. Sehingga seluruh lapisan masyarakat dapat kesempatan yang sama untuk merduksi emisi karbon.

Artinya, kehadiran bZ4X sebagai mobil listrik murni perdana Toyota di Indonesia dan Kijang Innova Zenix Hybrid menjadi kendaraan hybrid pertama yang produksi di dalam negeri, bukan langkah akhir.

"Strategi kita konsisten melalui multi pathways. Tahun depan akan semakin banyak produk dan layanan baru yang akan kita sediakan," kata Vice President TAM Henry Tanoto, Kamis (8/12/2022).

Baca juga: Menentukan Posisi Duduk Saat Naik Bus yang Paling Nyaman

Toyota Kijang Innova Zenix HybridDok. TAM Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid

"Sekarang kita fokus bagaimana bZ4X itu bisa memenuhi kebutuhan masyarakat. Kedua, tentu saja kita akan tambahkan terus model-model elektrifikasi yang syukur nantinya bisa menjangkau kebutuhan masyarakat lagi," lanjut dia.

Sayangnya dalam kesempatan itu, Henry masih enggan untuk mengatakan lebih jauh terkait produk elektrifikasi yang berkemungkinan masuk ke Indonesia dalam waktu dekat. Tapi pastinya, mobil akan semakin terjangkau oleh masyarakat.

Mengingat, kendaraan listrik Toyota sudah cukup banyak yang bermain di kelas menengah dan ke atas lewat Camry Hybrid, C-HR PHEV, sampai bZ4X. Sementara kelas menengah ke bawah mulai dijajaki lewat Innova Zenix Hybrid.

"Harapan kita itu kalau lihat tren. seperti dari Camry, Corolla, dan seterunya, sekarang kan kearah sana (kendaraan listrik murah). Saya tidak bilan 'yes' loh ya, tapi tunggu saja," ujar Henry lagi.

Sejalan dengan itu semua, dia juga meyakini bahwa pertumbuhan ekonomi di Indonesia juga akan baik sehingga PT TAM percaya diri untuk menghadapi pasar di tahun depan melalui kendaraan ramah lingkungannya.

Baca juga: Toyota Optimistis Menatap Industri Otomotif Tahun Depan

Proses perakitan baterai pada mobil terbaru Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid di pabrik TMMIN, Karawang, Jawa Barat.Toyota/TMMIN Proses perakitan baterai pada mobil terbaru Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid di pabrik TMMIN, Karawang, Jawa Barat.

Meski begitu, dia juga mengingatkan bahwa industri otomotif harus mewaspadai segala hal yang akan terjadi dan yang sudah banyak diramalkan oleh para pakar ekonomi bahwa tahun depan adanya perlambatan ekonomi.

"Kita harus waspadai adanya isu inflasi suku bunga yang lebih tinggi. Ini yang harus diperhatikan. Tapi, secara umum kita percaya market akan tumbuh atau paling tidak , gak jauhlah dengan tahun ini,"tutur dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.