Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Puncak Bogor Hanya Tampung 40.000 Kendaraan Saat Nataru

Kompas.com - 06/12/2022, 11:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com – Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi, melakukan cek jalur sekaligus meninjau sarana dan prasarana Operasi Lilin di Bogor, Jawa Barat.

Kunjungannya ini merupakan pengecekan lanjutan kesiapan Operasi Lilin 2022 menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

“Kita melakukan survei-survei awal, ini umum kita laksanakan,” ujar Firman, disitat dari NTMC Polri (6/12/2022).

Baca juga: Begini Gejala Kampas Kopling Mobil Matik yang Minta Ganti

Kendaraan mengantre selepas pintu tol Gadog, Ciawi menuju jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (27/6). Antrean panjang terjadi akibat tingginya volume kendaraan warga Jabodetabek yang ingin mengisi libur Lebaran di jalur wisata Puncak, Bogor dan sekitarnya sehingga Polres Bogor memberlakukan sistem buka tutup satu arah untuk mengurai kepadatan. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/nz/17/pARIF FIRMANSYAH Kendaraan mengantre selepas pintu tol Gadog, Ciawi menuju jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (27/6). Antrean panjang terjadi akibat tingginya volume kendaraan warga Jabodetabek yang ingin mengisi libur Lebaran di jalur wisata Puncak, Bogor dan sekitarnya sehingga Polres Bogor memberlakukan sistem buka tutup satu arah untuk mengurai kepadatan. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/nz/17/p

“Nanti tangal 7 akan kita laksanakan rapat kerja selain survei rutin yang kita kerjakan untuk memastikan kesiapan jajaran maupun kesiapan sarana dan prasarana yang biasanya dijadikan sasaran untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru.” kata dia.

Firman menyebut, dari hasil perhitungan Kapasitas di jalur puncak diketahui mencapai angka 40.000 kendaraan.

Artinya, kendaraan yang masuk ke jalan tol maupun lewat jalur alternatif telah dihitung agar tidak terjadi over kapasitas, sehingga tak terjadi penumpukan kendaraan.

Baca juga: Modifikasi Ekstrem Mitsubishi Colt L300 Bergaya Truk Amerika

“Oleh karena itu penting kita lakukan ketika jam demi jam berlalu, petugas sudah menghitung sampai batas dan indikator mana,” kata Firman.

“Apakah di jalan tol ekor yang sudah kelihatan padat, contoh ke arah puncak akan dibelokkan ke arah Bogor kota lewat jalan arteri dan lain sebagainya.” ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com