Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lexus Kembangkan Transmisi Manual untuk Mobil Listrik biar Makin Seru

Kompas.com - 06/12/2022, 08:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lexus sedang mengembangkan simulasi transmisi manual untuk mobil listrik di masa depan. Teknologi tersebut mau memberikan keseruan mobil tradisional dengan mengganti gigi sendiri, tapi di mobil listrik modern.

Dikutip dari Carscoops, Chief Engineering Lexus Electrified Takashi Watanabe mengatakan, ide transmisi manual pada mobil listrik ini muncul ketika para teknisi berdiskusi, apa hal yang mereka sukai dari mobil tradisional atau internal combustion engine (ICE).

Memang, mobil listrik punya torsi yang konstan sejak awal pedal gas diinjak, tapi hadirnya teknologi tadi mau memberikan rasa senang saat berkendara. Bahkan, bisa saja proyek ini terealisasi pada mobil listrik Lexus di masa depan.

Baca juga: Hadiri B20 Summit, Erick Thohir Pakai Lexus UX300e

Lexus UX 300e 2023Doc Carscoops Lexus UX 300e 2023

Saat ini, para teknisi sudah menguji teknologi tersebut pada Lexus UX300e. Bahkan, untuk memberikan sensasi, setiap pergantian gigi ada suara 'klik', ditambah suara mesin palsu yang mengisi kabin.

Uniknya lagi, prototipe menggunakan tiga pedal, tuas transmisi, dan takometer yang sebenarnya tidak berkorelasi dengan putara di motor listrik. Bahkan, kalau ganti gigi tanpa injak 'kopling', mobil listrik bisa mati, seperti mobil manual tradisional.

Baca juga: Sama-sama Hybrid, Innova Zenix Tipe G Lebih Murah dari Wuling Almaz


Lexus juga melakukan mapping untuk motor listrik yang mereplika setiap karakter mobil yang berbeda. Jadi, pengemudi bisa merasakan sensasi mengemudi yang berbeda dari setiap kendaraan yang dicoba.

Menarik sekali untuk menunggu akan seperti apa mobil listrik dengan transmisi manual. Mungkin saja teknologi tersebut bakal jadi opsi pada mobil listrik performa tinggi dari Lexus, yang kabarnya jadi suksesor LFA.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com