Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Disebut Punya Tingkat Fatalitas Tertinggi, Ini Komentar Astra Cipali | Honda Siapkan Motor Listrik Harga Rp 16 Jutaan?

Kompas.com - 04/12/2022, 06:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Astra Infra Toll Road Cikopo-Palimanan, selaku pengelola Tol Cipali, memberikan klarifikasi terkait bahasan Cipali Jadi Jalan Tol dengan Tingkat Fatalitas Tertinggi pada 25 November 2022 lalu.

Dalam klarifikasi hak jawab yang diterima redaksi, Astra Tol Cipali menjelaskan terkait data fatalitas di Tol Cipali pada Januari sampai Oktober 2022 yang diklaim justru mengalami penurunan.

"Terkait data fatalitas di Tol Cipali di bulan Januari sampai Oktober tahun 2022 turun 15,8 persen dibandingkan periode yang sama di tahun 2021. Dengan tingkat fatality 2,91 di tahun 2021 menjadi 2,45 di tahun 2022. Dari data tersebut dapat dipastikan Tol Cipali bukan merupakan jalan tol yang memiliki angka fatalitas nomor satu di dunia," tulis keterangan Astra Tol Cipali, Jumat (2/12/2022).

Selain itu, PT Astra Honda Motor (AHM) dikabarkan tengah menyiapkan sepeda motor listrik untuk pasar lokal Indonesia.

Dari informasi yang diperoleh redaksi, motor listrik perdana Honda ini bakal punya harga kompetitif Rp 16 jutaan. Harga ini sepertinya belum termasuk baterai yang punya opsi dijual atau lewat skema sewa.

Mengonfirmasi kabar ini, GM Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan, harga motor baru itu akan ditentukan pada tahapan paling akhir sebelum peluncuran.

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Sabtu, 3 Desember 2022 :

1. Disebut Punya Tingkat Fatalitas Tertinggi, Ini Komentar Astra Cipali

Astra Tol Cipali menjelaskan, pihaknya selalu meningkatkan layanan lalu lintas dari segala aspek, termasuk keselamatan. Dengan program education, engineering, dan enforcement (3E), pihaknya juga berkomitmen menciptakan kelancaran, keamanan, dan kenyamanan. 

Pada sisi enforcement, Astra Tol Cipali menggandeng Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Polda Jawa Barat dalam melakukan penindakan batas kecepatan atau speed gun tiap bulan di sepanjang Tol Cipali, termasuk penindakan rutin truk overdimension dan overload (ODOL).

Baca juga: Disebut Punya Tingkat Fatalitas Tertinggi, Ini Komentar Astra Cipali

2. Honda Siapkan Motor Listrik Harga Rp 16 Jutaan?

Deretan motor listrik Honda di IMOS 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Deretan motor listrik Honda di IMOS 2022

“Jadi, informasi itu tidak benar,” kata Muhib kepada KOMPAS.com di Nusa Penida, Bali, Jumat (2/12/2022).

Sebelumnya AHM sudah mengumumkan akan memasarkan dua motor listrik mulai 2023. Setahun kemudian (2024), menyusul dua model motor listrik lain, dan terus berlanjut hingga tahun 2030 dengan meluncurkan kembali 3 model motor listrik lainnya.

Motor listrik Honda akan yang akan memiliki pilihan pengisian daya ulang langsung melalui listrik (direct charging) maupun melalui baterai yang dapat ditukar (swapping battery).

Baca juga: Honda Siapkan Motor Listrik Harga Rp 16 Jutaan?

3. Toyota Bakal Luncurkan Mobil Hybrid Grand Highlander pada Awal 2023

Toyota Grand HighlanderDoc Carscoops Toyota Grand Highlander

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com