Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/12/2022, 10:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Musim hujan menjadi tantangan bagi pemilik mobil lantaran harus rutin membersihkan bodi dan komponen lain. Tujuangnya untuk mencegah terjadi korosi.

Potensi korosi meningkat lantaran kandungan zat asam pada air hujan. Terlebih, beberapa komponen berbahan logam di mobil mudah kotor, seperti kaki-kaki dan suspensi

Selain itu, cat bodi jika sering kehujanan dan terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama bisa mengalami perubahan menjadi kusam.  

Kepala Bengkel Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto menjelaskan, khusus musim hujan mencuci mobil bisa dilakukan lebih sering.

Baca juga: Awas Tertipu, Kenali Beda Busi Nikel, Iridium, dan Platinum

Minimal, setelah mobil digunakan saat hujang, bisa langsung dibilas dengan air bersih dan segera dikeringkan. 

Mobil Pajero Sport menerobos genangan air setinggi sekitar 50 cm di sekitar Fly Over TebetDicky Aditya Wijaya Mobil Pajero Sport menerobos genangan air setinggi sekitar 50 cm di sekitar Fly Over Tebet

"Mobil yang terguyur hujan bisa di bilas air, kotoran dan lumpur sebelum kering tentunya juga gampang bersih. Rata, sampai bagian kolong dan spatbor, untuk menghindari munculnya karat," ucap Bambang kepada Kompas.com, Kamis (1/12/2022). 

Selain karat, air hujan yang kering sendirinya juga menyebabkan noda jamur yang biasa melekat di bodi dan kaca.

Pori-pori bodi yang terbuka akibat oksidasi dan faktor alamiah tersebut, jika dibiarkan berpeluang merusak struktur pelat. 

Baca juga: Beli BBM Subsidi Wajib QR Code Baru Berlaku untuk Biosolar

Karena itu, Bambang menyarankan, jangan sampai menunda pembersihan mobil setelah menerjang hujan deras atau melewati genangan banjir. 

"Jamur bodi, dan bekas noda-noda getah pohon bisa menyebabkan terjadinya perubahan struktur pelat bodi. Kadar garam yang terkandung pada air hujan sangat tinggi, jika air sampai masuk celah-celah sempit dan tak terjangkau rawan menimbulkan bercak-bercak karat, dan lama kelamaan bisa keropos," katanya. 

Berkendara di musim hujan bisa menjadi tantangan tersendiri, termasuk terjadinya aquaplaning.Chevrolet Indonesia Berkendara di musim hujan bisa menjadi tantangan tersendiri, termasuk terjadinya aquaplaning.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.