Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alex Marquez Yakin Semua Akan Terbiasa dengan Format Sprint Race

Kompas.com - 02/12/2022, 08:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai musim depan, MotoGP akan menggunakan format sprint race. Meski banyak menuai pro dan kontra, Alex Marquez yakin semua akan terbiasa.

Dengan format sprint race, dalam satu akhir pekan, pebalap akan menjalani dua kali balapan. Dalam satu balapan, jumlah putarannya akan menjadi setengah dari biasanya.

Baca juga: Belum Sembuh Total, Marquez Akui Tangannya Masih Bermasalah

Banyak pebalap yang menganggap format ini akan sangat melelahkan. Selain itu, risiko untuk terjatuh akan bertambah.

Pebalap Repsol Honda Marc Marquez (kanan/93) pada balapan MotoGP Australia di Sirkuti Phillip Island pada Minggu 16 Oktober 2022.AFP/PAUL CROCK Pebalap Repsol Honda Marc Marquez (kanan/93) pada balapan MotoGP Australia di Sirkuti Phillip Island pada Minggu 16 Oktober 2022.

Jika ada pebalap yang terjatuh dan terluka pada balapan pertama, maka akan merugikan dirinya untuk balapan kedua. Sebab, dia jadi tidak bisa balapan dan kehilangan poin.

Untuk MotoGP 2023, jumlah serinya akan bertambah menjadi 21 seri. Artinya, akan ada 42 kali balapan dalam satu musim yang harus dijalani semua pebalap.

Baca juga: Pindah ke Ducati, Alex Marquez Ceritakan Masa Kelam di Honda

"Ini gila, tapi kegilaan ini adalah pertunjukan. Jika ini untuk menambah jumlah balapan dan para penggemar bisa lebih menikmatinya, kami ada di sini untuk itu, untuk memberikan tontonan yang bagus," ujar Alex, dikutip dari Crash.net, Kamis (1/12/2022).

Pembalap LCR Honda Castrol asal Spanyol Alex Marquez bertanding dalam sesi latihan bebas untuk balapan MotoGP Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika di Kuta Mandalika di Lombok Tengah, Jumat (18/3/2022).AFP/BAY ISMOYO Pembalap LCR Honda Castrol asal Spanyol Alex Marquez bertanding dalam sesi latihan bebas untuk balapan MotoGP Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika di Kuta Mandalika di Lombok Tengah, Jumat (18/3/2022).

Alex menambahkan, 42 balapan memang jumlah yang sedikit gila. Tapi, dia juga yakin semua akan terbiasa dengan format yang baru ini.

"Di Superbike, mereka menjadikannya tiga balapan. Bagaimana menghadapi akhir pekan akan sedikit berubah dan lalu ini akan menjadi normal," kata Alex.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.