Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Reuni 212 di Masjid Agung At-Tin, Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Kompas.com - 02/12/2022, 06:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Polisi akan melakukan rekayasa lalu lintas di kawasan Jakarta Timur, Jumat (2/12/2022). Hal ini dilakukan sebagai langkah mencegah terjadinya kepadatan lalu lintas saat gelaraan Reuni 212 yang rencananya akan digelar sejak pagi hari.

Kasat Lantas Polres Jakarta Jakarta Timur AKBP Edy Surasa mengatakan, pihaknya menyiapkan sejumlah skenario mengatur arus lalu lintas selama kegiatan Reuni 212 yang berlangsung di Masjid Agung At-Tin, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur.

“Rekayasa arus itu ketika di depan Masjid Agung At-Tin kita asumsikan tidak bergerak. Ketika ternyata di luar dugaan tentunya kita coba buka tutup alias alih arus juga,” kata Edy, dikutip dari NTMC Polri (1/12/2022).

Baca juga: Ini Rahasia Casey Stoner Bisa Kencang Geber Motor Ducati dan Honda

Adapun rekayasa lalu lintas yang dilakukan di antaranya dari arah Kramat Jati menuju ke Pondok Gede diarahkan melalui pintu satu, dan dari Jalan Bambu Apus ke Garuda atau Masjid Agung At-Tin diarahkan ke Kampung Rambutan.

Kendati begitu, pengalihan arus lalu lintas bersifat situasional dengan melihat kondisi di lapangan.

Kemacetan di Jalan Ir H Juanda, Jakarta Pusat, imbas bubaran massa Reuni 212, Sabtu (2/12/2017).KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFAR Kemacetan di Jalan Ir H Juanda, Jakarta Pusat, imbas bubaran massa Reuni 212, Sabtu (2/12/2017).

Selain rekayasa lalu lintas, Satlantas Polres Jakarta Timur juga menyiapkan kantong parkir pada beberapa titik di sekitar lokasi untuk massa yang datang menggunakan bus, maupun sepeda motor.

“Kantong parkir terdekat bisa menampung 200 bus. Kemudian di (Gedung) Pewayangan untuk roda dua bisa 1.500. Artinya itu cukup tidak berdampak di jalan pada parkir sembarangan,” kata dia.

Baca juga: Hatcback Bekas Mulai Rp 70 Jutaan di Semarang

Sementara itu, saat kegiatan Reuni 212 di Masjid Agung At-Tin, Satlantas Polres Jakarta Timur akan mengerahkan sebanyak 650 personel untuk mengatur arus lalu lintas dengan pembagian tugas dua shift. Diperkirakan Reuni 212 akan diikuti sekitar 1.500 sampai 3.000 massa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.