Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Bus Baru PO Tam, Pakai Sasis OH 1626 Matik

Kompas.com - 30/11/2022, 19:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PO Tam pariwisata mengambil lima unit bus baru dari Karoseri Adiputro. Kelimanya memakai bodi Jetbus 3+ MHD Single Glass dengan sasis Mercedes Benz OH 1626.

Uniknya, PO Tam memilih sasis 1626 dengan transmisi otomatis. Padahal biasanya, bus dengan dual axle kebanyakan masih memakai transmisi manual.

Untuk transmisi otomatis, menggunakan buatan Allison yang punya enam percepatan. Selain itu pengoperasiannya dengan tombol, jadi tidak ada tuas transmisi di bagian dasbor.

Baca juga: Video Viral Aksi Ugal-ugalan Bus Sumber Selamat Terekam Kamera

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Adiputro Wirasejati (@adiputro_official)

 

Kemudian, PO Tam memilih livery yang unik. Warna emas dipilih memberikan kesan yang elegan, ditambah adanya kombinasi warna hitam yang dibuat menyatu dengan kaca.

Jadi kalau dilihat secara sekilas dari samping, bentuk kacanya jadi lebih lebar. Ditambah dengan selendang SDV3++ yang dicat hitam, membuat tampilan samping semakin bersih.

Baca juga: Bahas Tampilan Eksterior New Xpander Cross, Lebih Proporsional


Pada bagian kabin, tidak banyak yang istimewa, memakai bangku yang disusun dua kanan dan dua kiri tanpa leg rest. Selain itu, tidak ada juga toilet di bagian kabin, jadi hanya bangku saja.

Lalu, untuk sistem hiburan, dipasang TV LED yang ada di bagian depan. Tampak juga model speaker yang di-upgrade di bagian depan, menambah kualitas audio yang bisa dinikmati penumpang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com