Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/11/2022, 06:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP Jerman 2022 yang digelar di Sirkuit Sachsenring, Jerman menjadi saksi dari banyaknya pebalap yang terjatuh. Bahkan, sirkuit ini tercatat paling banyak menelan korban.

Dikutip dari Speedweek.com, Selasa (29/11/2022), motogp.com mencatatkan data para pebalap yang terjatuh selama MotoGP 2022 di kelas utama mencapai 355 kasus. Sebanyak 27 kasus dihasilkan oleh Darryn Binder seorang.

Baca juga: Ini Pebalap MotoGP yang Paling Banyak Terjatuh, Bukan Zarco Lagi

Jika ditotal dari ketiga kelas yang ada, jumlahnya bisa mencapai 1.106 kasus pebalap terjatuh. Jika dilihat dari 20 seri yang ada, maka persentasenya adalah 55,3 persen tiap seri.

Joan Mir (kanan-biru) melihat kondisi Jack Miller setelah keduanya bertabrakan di Tikungan 1 Sirkuit Algarve pada balapan MotoGP Portugal 2022, Minggu (24/4/2022) malam WIB.AFP/ PATRICIA DE MELO MOREIRA Joan Mir (kanan-biru) melihat kondisi Jack Miller setelah keduanya bertabrakan di Tikungan 1 Sirkuit Algarve pada balapan MotoGP Portugal 2022, Minggu (24/4/2022) malam WIB.

Sebagai perbandingan, tahun lalu hanya ada 950 kasus pada 18 seri. Persentasenya hanya 52,8 persen tiap seri. Jadi, musim ini peningkatannya cukup banyak.

Musim ini, paling banyak pebalap terjatuh terjadi di MotoGP Portugal di Sirkuit Portimao dengan total 105 kasus pebalap terjatuh. Namun, itu bisa dimaklumi, karena kondisi trek sebagian diguyur hujan.

Baca juga: Ada Delapan Motor Ducati di MotoGP, Disebut Tidak Adil

MotoGP Perancis ada di posisi kedua dengan 87 kasus pebalap terjatuh. Tiap tahunnya memang sirkuit ini menjadi langganan banyak pebalap yang terjatuh.

Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Prancis 2022Dok. Gresini Racing Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Prancis 2022

Musim ini, tikungan yang paling banyak memakan korban adalah Sirkuit Sachsenring dengan total 21 kasus, tepatnya di tikungan pertama.

Posisi kedua ditempati oleh Sirkuit Le Mans, di tikungan 7, di mana terdapat 20 kasus pebalap terjatuh. Padahal, musim lalu, tercatat ada 37 kasus pebalap terjatuh di tikungan 3 sirkuit ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.