Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilihan Kaca Film yang Cocok untuk Kendaraan Elektrifikasi

Kompas.com - 29/11/2022, 12:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kaca film memiliki peran yang penting pada kendaraan. Selain untuk keamanan dan keselamatan, tentunya berfungsi juga untuk meningkatkan tampilan mobil karena seiring perkembangan zaman, produsen terus membuat inovasi memberikan hasil terbaik untuk konsumen.

Langkah tersebut juga dilakukan oleh produk kaca film terkemuka asal Jepang, ICE-µ Premium Window Film yang terus melakukan berbagai inovasi produk kaca film berkualitas yang terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi otomotif terkini.

Kini ICE-µ Premium Window Film meluncurkan ICE-µ Sky Blue RT70 Series, kaca film yang ramah lingkungan untuk kendaraan berteknologi masa depan termasuk kendaraan elektrifikasi.

Baca juga: Hitung Ongkos BBM Honda BR-V dalam Perjalanan Jakarta-Rantauprapat

Produk kaca film terkemuka asal Jepang, ICE-µ Premium Window Film yang terus melakukan berbagai inovasi produk kaca film berkualitas yang terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi otomotif terkinidok.ICE Produk kaca film terkemuka asal Jepang, ICE-µ Premium Window Film yang terus melakukan berbagai inovasi produk kaca film berkualitas yang terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi otomotif terkini

Andi Setiawan, Presiden Direktur PT Global Auto International (GAI), agen pemegang merek ICE-µ Premium Window Film mengatakan, target pemerintah Indonesia yang ingin mencapai carbon netral di tahun 2060, salah satunya adalah dengan mendorong percepatan penggunaan mobil berteknologi elektrifikasi.

"Karenanya, beberapa APM kini sudah mulai menjual model mobil listrik di Indonesia. Hal inilah yang mendorong kami untuk memperkenalkan produk kaca film baru yang dapat turut mendukung perkembangan teknologi mobil listrik ini,” ujar Andi di kawasan Jakarta Utara, Selasa (29/11/2022).

ICE-µ Sky Blue RT70 Series ini memiliki karakteristik warna yang bening dan berwarna kebiru-biruan seakan menjadi simbol teknologi ramah lingkungan yang dimilikinya.

“Produk ini memiliki keunggulan dalam hal karakteristik warna clear namun memiliki kemampuan tolak panas yang tinggi, tanpa mengandung bahan metal. Hal ini juga sekaligus mendukung keramahan kaca film ini terhadap sinyal ponsel untuk mendukung perkembangan teknologi otomotif masa depan,” ucap Andi.

Baca juga: Batas Mobil Hybrid Bisa Dioperasikan Tanpa BBM

Andi melanjutkan, kaca film ini juga memiliki tiga teknologi inti, yaitu Optical Technology, Coating Technology dan Material Application Technology. Optical Technology mengaplikasikan prinsip kerja optik mesin fotocopy pada kaca film ICE-µ digunakan untuk mencapai target Infra Red Rejection (daya tolak sinar inframerah).

Sementara Coating Technology mengaplikasikan teknologi terkini dari metode nano-coating presisi tinggi. Terakhir, Material Application Technology menerapkan sejumlah teknologi dalam penggunaan material photosensitive yang dapat meningkatkan kualitas, daya tahan, sensitivitas dan produktivitas.

Teknologi yang digunakan pada ICE-µ Premium Window Film memberikan beberapa keunggulan yaitu, tak mengintervensi sinyal elektronik seperti yang diperlukan ponsel atau navigasi GPS, mengurangi suhu dalam kabin, menahan sinar ultra violet (UV) yang berbahaya serta ramah lingkungan.

Baca juga: Banyak Pilihan, Ini Daftar Mobil Hybrid Bekas di Bawah Rp 500 Jutaan

"Dengan kemampuannya menahan panas yang dipancarkan sinar matahari, maka dapat mengurangi kebutuhan penggunaan penyejuk kabin (AC), hal ini menjadikan pemakaian bahan bakar lebih hemat dan lebih ramah lingkungan," tutur Andi.

Menyoal harga, Sugih Gumilar Asisten Manager Penjualan PT Global Auto International mengatakan, kaca film ini berada di segmen premium, namun untuk seri ini terbilang cukup terjangkau.

"Range harganya mulai Rp 2,5 jutaan sampai Rp 8,5 jutaan, tergantung varian yang mana dan memiliki tiga tingkatan kegelapan, yaitu 20 persen, 40 persen, dan 60 persen," tutur Sugih di tempat sam

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.