Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Bila Mobil Hybrid Kehabisan Bensin di Jalan?

Kompas.com - 29/11/2022, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil hybrid makin banyak dijumpai di pasaran. Pasalnya, mobil ini terbukti lebih irit bahan bakar jika dibandingkan dengan mobil konvensional dengan kapasitas mesin yang sama.

Wajar saja sebab mobil ini dibekali dengan sumber tenaga dobel, yaitu mesin bakar dan motor listrik. Mobil ini juga dilengkapi baterai yang cukup besar untuk menggerakkan motor listriknya.

Namun, mobil hybrid tidak bisa lepas dari konsumsi bahan bakar. Dengan kata lain, mobil ini tidak bisa jalan bila tanpa bahan bakar. Lantas, apa yang akan terjadi bila mobil hybrid kehabisan bensin di tengah perjalanan?

Baca juga: Penjelasan Perbedaan PHEV dan Hybrid

Toyota Kijang Innova Zenix HybridKOMPAS.com/SENDY Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, mobil hybrid jangan sampai kehabisan bensin dan daya baterai karena nanti bisa bikin susah pengendara.

“Ketika bensin pada mobil hybrid mobil mulai menipis, akan ada indikator yang memberitahu bahwa bahan bakar sebentar lagi akan habis, maka dari itu sebaiknya saat itu juga langsung mencari SPBU terdekat untuk mengisi bensin,” ucap Didi kepada Kompas.com, Senin (28/11/2022).

Dia mengatakan mobil hybrid bisa tetap berjalan sesaat meksi bahan bakar habis, tapi itu tidak lama mengingat kapasitas baterai mobil hybrid tidak cukup besar, berbeda dengan PHEV atau mobil listrik murni.

Baca juga: Beda Cara Kerja Mobil Hybrid Murni dan Mild Hybrid

Wuling Almaz HybridKompas.com/Donny Wuling Almaz Hybrid

“Mobil tetap bisa berjalan bila bensin habis di jalan, tapi ini hanya sesaat saja, sarannya apabila bensin habis ya segera diisi jangan hanya memanfaatkan baterainya, soalnya kalau baterai habis, meski mesin sudah diisi bensin, mesin tetap tidak akan bisa dihidupkan,” ucap Didi.

Dia mengatakan untuk mobil hybrid memang dibekali dengan dua buah baterai. Satu baterai untuk auxiliary, untuk lampu, audio, alarm dan lainnya, bukan untuk memutar motor starter.

“Untuk memutar motor starter mobil hybrid akan mengandalkan baterai utama, sehingga kalau baterai ini sampai habis, mesin tidak bisa dihidupkan,” ucap Didi.

Baca juga: Jangan Salah Paham, Innova Zenix Hybrid Tidak Bisa Berjalan Tanpa BBM

Toyota Kijang Innova Zenix HybridDok. TAM Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid

Bila hal itu terjadi pada Anda, maka dia menyarankan untuk menderek mobil yang bersangkutan ke bengkel resmi untuk mendapatkan pertolongan, terutama untuk mengisi daya baterai.

“Kalau sudah kejadian baterainya kosong, harus dicharge dengan menggunakan THS (Toyota Hybrid System) Charger, yang sementara ini hanya TAM yang punya,” ucap Didi.

Jadi, sebenarnya mobil hybrid akan tetap bisa dioperasikan walau tanpa BBM, namun karena durasinya sangat singkat maka disimpulkan mobil hybrid tidak bisa lepas dari bahan bakar minyak. Sehingga, sebisa mungkin Anda tidak kehabisan bensin saat mengendarai mobil hybrid.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.