Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/11/2022, 10:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil hybrid bisa dikatakan sebagai mobil yang paling cocok digunakan oleh masyarakat di masa peralihan mobil bakar menuju mobil listrik.

Pasalnya, mobil listrik sendiri masih mahal harganya di pasaran, sementara kebijakan pemerintah memasang tarif bahan bakar minyak cukup tinggi. Maka dari itu, mobil yang irit konsumsi BBM adalah salah satu solusinya, salah satunya mobil hybrid.

Meski hanya sesaat, ternyata mobil hybrid bisa dioperasikan tanpa BBM sebagai waktu jeda untuk mencari SPBU. Jelas, mobil hybrid akan mengandalkan motor listriknya saja dengan memanfaatkan daya baterai. Lantas, berapa persen limit daya baterai bisa mengoperasikan mobil hybrid?

Baca juga: Kelanjutan Daihatsu Rocky Hybrid, Masih Berstatus Studi

Wuling Almaz HybridKompas.com/Donny Wuling Almaz Hybrid

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, mengatakan mobil hybrid bisa dioperasikan tanpa BBM tidak lama, jadi sebaiknya dihindari.

“Mobil hybrid bisa dioperasikan tanpa bahan bakar minyak hanya sesaat saja, sistem akan mengalihkan sumber tenaga ke motor listriknya saja sampai bahan bakar kembali terisi,” ucap Didi kepada Kompas.com, Senin (28/11/2022).

Dia mengatakan untuk memantau seberapa lama mobil hybrid bisa dioperasikan tanpa BBM, pengendara bisa melihat di MID terkait persentase daya baterai utama.

Baca juga: Penjelasan Perbedaan PHEV dan Hybrid

Toyota Kijang Innova Zenix HybridDok. TAM Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid

“Di layar informasi atau MID akan tertera berapa persen daya baterai yang terisi, dalam keadaan normal setiap baterai menyentuh angka 40 persen maka mesin bakar bekerja untuk mengisi daya baterai sekaligus mengambil alih atau membantu untuk menggerakkan kendaraan,” ucap Didi.

Dia mengatakan bila bahan bakar habis, lalu level daya baterai menyentuh angka 40 persen, maka secara sistem mobil akan mogok.

“Bila, baterai mencapai minimum level mesin otomatis hidup, yaitu 40 persen, maka sistem akan meminta mesin untuk hidup guna mengisi daya baterai, kalau bensin habis, maka mobil akan mogok,” ucap Didi.

Baca juga: Beda Cara Kerja Mobil Hybrid Murni dan Mild Hybrid

Teknologi hybrid pada Wuling Almaz HybridDok. Wuling Teknologi hybrid pada Wuling Almaz Hybrid

Dia juga mengatakan untuk PHEV bakal memiliki durasi pemakain motor listrik yang lebih lama daripada mobil hybrid.

“Berhubung kapasitas baterai PHEV lebih besar, maka masa menggunakan motor listrik selama bensin habis menjadi lebih panjang, berbeda dengan mobil hybrid,” ucap Didi.

Jadi, mobil hybrid bisa dioperasikan tanpa menggunakan BBM hanya sampai persentase daya baterai 40 persen yang bisa dilihat di MID, setelah melewati batasnya maka mobil akan mogok.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.