Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Infrastruktur Jadi Pertimbangan Penjualan Fuso eCanter di Indonesia

Kompas.com - 28/11/2022, 15:41 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


MALANG, KOMPAS.com – Demam kendaraan listrik atau EV (Electric Vehicle) tidak hanya untuk kendaraan penumpang saja, kendaraan niaga juga turut meramaikan tren ini.

Fuso eCanter merupakan truk listrik PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku pemegang merek Mitsubishi Fuso yang kerap diperkenalkan pada pasar Indonesia.

Bahkan, pada beberapa acara pameran otomotif eCanter sudah bisa digunakan untuk test drive.

Hanyab saja,  keikutsertaan truk ramah lingkungan ini pada pagelaran otomotif hanyalah untuk dipamerkan saja belum di jual secara resmi. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui animo pasar tanah air mengenai eCanter. 

Baca juga: Honda BR-V Rute Jakarta-Lampung, Cukup Beli BBM Rp 200.000-an

Reinhard Head of Marketing Communication Department PT. Krama Yudha Tiga mengatakan jika di beberapa negara bisnis dari penjualan truk listrik ini sudah berjalan.

Untuk di Indonesia sendiri, saat ini tidak hanya masih melihat animo pasar saja, tapi juga kesiapan infrastruktur dari kendaraan listrik.

Fuso eCanterDOK. FUSO Fuso eCanter

“eCanter ini kebetulan truk listrik pertama di dunia. Jadi kalau di Jepang, Portugal atau Australia sudah berjalan, tapi balik lagi harus ada dukungan dari pemerintah karena yang kita harapkan kesiapan infrastruktur,” kata Reinhard kepada Kompas.com di Malang, Minggu (28/11/2022).


Bukan hanya pameran otomotif, baru-baru ini eCanter juga menjadi satu-satunya truk listrik yang ikut serta pada konvoi kendaraan listrik dari Jakarta - Bali untuk menyambut KTT G20.

Baca juga: Sekolah Kedinasan Kemenhub Mulai Belajar Kendaraan Listrik

“Kemarin kita sempat obrolkan ini pada acara konvoi Jakarta –Bali ke yang mengadakan acara mengenai bagaimana dengan charging stationnya. Maka dari itu perlu ada kolaborasi dari berbagai pihak ke depannya. Tapi kita berharap lebih baik sehingga eCanter atau Fuso lebih siap,” kata Reinhard.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com