Alasan Kenapa Mesin Bensin Innova Zenix Diklaim Lebih Irit dari Diesel

Kompas.com - 25/11/2022, 15:31 WIB

 

SEMARANG,KOMPAS.com - Kijang Innova Zenix hadir mengusung dua varian tipe mesin, yakni berteknologi hybrid dan murni bensin dengan kode M20A-FKS Dynamic Force Engine.

Mesin bensin baru tersebut diklaim menawarkan efisiensi bahan bakar dan tenaga yang diklaim lebih unggul dibandingkan mesin diesel generasi sebelumnya.

PT Toyota Astra Motor (TAM) menyematkan mesin M20A-FKS yang berkapasitas 1.987 cc, 4 silinder 16 valve DOHC Dual VVT-i dengan tenaga 171 tk dan torsi 20,9 Kgm pada rpm 4.500-4.900.

General Manager (GM) PT Toyota Astra Motor Adrian Tirtadjaja mengatakan, teknologi mesin baru menghasilkan racikan performa dan efisiensi bahan bakar yang didongkrak sebesar 75 persen.

"Innova bensin performa dan efisiensi lebih baik. Konsumsi BBM lebih irit dibandingkan model diesel, per liter bisa menempuh jarak 15 kilometer (km). Teknologi dari mesin VVT-i dikembangkan, intake dan exhausted di rancang dengan engine management baru," kata Adrian dalam seremoni Launching Innova Zenix untuk pasar regional Jawa Tengah & Yogyakarta, Kamis (24/11/2022). 

Baca juga: Merasakan Singkat Baris Kedua dan Ketiga Innova Zenix Hybrid

Mesin Innova Zenix Nasmoco Mesin Innova Zenix

Selain dari sumber tenaga, Adrian mengatakan, dilihat dari bobot masa Innova Zenix yang lebih ringan karena suspensi mengandalkan tipe monokok. Bobotnya susut hingga 170 Kg dibanding generasi keenam.

Hal itu berimbas power to weight ratio lebih baik, sistem penggerak roda depan juga dianggap memungkinkan perpindahan tenaga dari mesin ke roda yang meningkatkan efisiensi bahan bakar. 

"Power to weight ratio 70 persen meningkat dari generasi sebelumnya. Platform TNGA-C dirancang khusus menghasilkan stabilitas berkendara maksimum kecepatan tinggi dan mereduksi bobot massa kendaraan," tambahnya. 

Komposisi tersebut disempurnakan sistem transmisi CVT K120 mode sequential 10 percepatan. Kinerja komponen mekanis yang efisien dan rasio sabuk baja lebih lebar, digadang-gadang ampuh meningkatkan efisiensi bahan bakar, akselerasi, dan operasional yang senyap.

Baca juga: Pasar Innova Diesel Jadi Hybrid Akan Beralih secara Bertahap

Peluncuran Innova Zenix regional Jawa Tengah & D.I Yogyakarta berlangsung di Kawasan Candi Borobudur, Kamis (24/11/2022)Nasmoco Peluncuran Innova Zenix regional Jawa Tengah & D.I Yogyakarta berlangsung di Kawasan Candi Borobudur, Kamis (24/11/2022)

"Ruang mesin terlihat makin ringkas, penyaluran tenaga mesin tidak terhambat seperti model sebelumnya. Tenaga harus di distribusikan dari transmisi melalui perantara kopel sampai gardan (RWD). Sistem penggerak roda depan (FWD) menghasilkan rasio tenaga sama persis seperti output tenaga mesin yang dihasilkan," kata dia. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.