Tes Singkat Innova Zenix Hybrid, Torsi Melimpah dari Putaran Bawah

Kompas.com - 25/11/2022, 14:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Dengan teknologi hybrid, Kijang Innova Zenix tak sekadar menjadi mobil yang ramah lingkungan, tapi juga memiliki tenaga besar. 

Perpaduan mesin bensin M20A-FXS 1.987 cc dengan motor listrik mampu mengeluarkan tenaga sebesar 183 tk dan torsi sampai 206 Nm.

Tenaga yang disalukan melalui transmisi CVT 10 perecepatan ke penggerak roda depan tersebut, ampuh memberikan sisi responsif yang sangat baik. 

Secara terbatas, redaksi Kompas.com berkesempatan mencoba impresi perdana Innova Zenix Hybrid pada acara regional launching dan media gathering Jawa Tengah & Yogyakarta di Kawasan Candi Borobudur, Kamis (24/11/2022). 

Baca juga: Pasar Innova Diesel Jadi Hybrid Akan Beralih Secara Bertahap

Jurnalis otomotif di Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta berkesempatan menguji secara langsung performa Innova Zenix di Kawasan Candi Borobudur, Kamis (24/11/2022)Nasmoco Jurnalis otomotif di Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta berkesempatan menguji secara langsung performa Innova Zenix di Kawasan Candi Borobudur, Kamis (24/11/2022)

Pertama kali menghidupkan mesin, suaranya terdengar halus. Hal itu karena motor listrik 27 kilo watt baru aktif bekerja. 

Akselerasi awal, hentakan tenaga mesin langsung terasa meski pedal gas baru sedikit saja ditekan. Motor listrik tersebut, mendorong ledakan torsi besar sejak putaran rendah. 

Dengan begitu, mencapai kecepatan 60-80 kilometer per jam (kpj) begitu mudah, terlebih saat mengaktifkan mode perpindahan gigi sequential.

Tes drive Innova Zenix regional Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta berlangsung di Kawasan Candi Borobudur, Kamis (24/11/2022)Nasmoco Tes drive Innova Zenix regional Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta berlangsung di Kawasan Candi Borobudur, Kamis (24/11/2022)
 

Sementara ruang bakar aktif sendirinya saat putaran menengah, dilanjutkan dengan distribusi tenaga menghasilkan suara beriringan dengan tenaga yang bertambah.

Masuk ke sisi handling, sistem suspensi monokok meredam getaran jalan dengan baik. Dibandingkan generasi sebelumnya, karakter bantingan dari suspensi juga berbeda jauh.

Berlaku juga saat melewati tikungan, gejala limbung seperti model sasis lader frame sepenuhnya hilang. 

Karakter bantingan suspensi yang memadukan kombinasi suspensi MacPherson Strut di bagian depan dan semi-independent torsion beam di belakang membuatnya mengayun saat melewati lubang. 

Peluncuran Kijang Innova Zenix regional Jawa Tengah & D.I Yogyakarta berlangsung di Kawasan Candi Borobudur, Kamis (24/11/2022)Nasmoco Peluncuran Kijang Innova Zenix regional Jawa Tengah & D.I Yogyakarta berlangsung di Kawasan Candi Borobudur, Kamis (24/11/2022)

Baca juga: Daftar Harga Innova Zenix di Jawa Tengah dan Yogyakarta

Hanya saja, pemasangan head unit 10 inci banyak dikeluhkan beberapa jurnalis karena sedikit mengganggu jarak pandang ke depan.

Kondisi serupa juga dirasakan saat menyesuaikan sisi aman kanan dan kiri, jadi beberapa kali harus mengkoreksi kendaraan lewat kaca spion. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.