[POPULER OTOMOTIF] Alasan Kijang Innova Zenix Kini Pakai Penggerak Depan | Adu Mesin Innova Zenix dan Innova Reborn, Mana Lebih Bertenaga?

Kompas.com - 24/11/2022, 07:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor resmi meluncurkan Kijang Innova Zenix yang mengalami ubahan menyeluruh.

Salah satu perbedaan signifikan adalah bergantinya sistem penggerak dari RWD (Rear Wheel Drive) menjadi FWD (Front Wheel Drive). Hideki Mizuma, Chief Engineer of Toyota Motor Corporation (TMC), mengatakan, berubahnya sistem penggerak Kijang Innova Zenix tak lain karena sasis yang digunakan saat ini tidak lagi menggunakan platform mobil pikap.

Melainkan basis mobil sedan berupa sasis monokok yang diwujudkan dalam platform TNGA (GA-C), yang juga dipakai produk Toyota lainnya, seperti Prius dan Corolla, termasuk juga dipakai di model MPV boxy (kotak) seperti Toyota Voxy.

Selain itu, Toyota Kijang Innova Zenix tidak memiliki pilihan mesin diesel. Padahal, mesin diesel pada Innova Reborn alias model Innova sebelumnya, sangat didamba-dambakan karena irit dan bertenaga.

Sebagai gantinya, terdapat mesin bensin yang dikombinasikan dengan motor listrik. Mesin ini disebut-sebut punya performa yang lebih baik dibandingkan mesin diesel.

Meski begitu, kehadiran Innova Zenix tidak serta merta menghapus model sebelumnya. Innova Reborn masih tersedia, namun terbatas untuk kebutuhan niaga.

Baca juga: Kenapa Konsumsi BBM Innova Zenix Hybrid Bisa Sangat Irit?

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Rabu 24 Oktober 2022 :

 

1. Alasan Kijang Innova Zenix Kini Pakai Penggerak Depan

"Kami menggunakan GA-C platform, yang artinya Innova Zenix ini adalah saudaranya Voxy. Voxy desainnya roomy, sementara Innova harus kuat di medan dan jalan apapun, dan juga harus tough, kuat, dan stylish," ujar Mizuma di Jakarta, Senin (21/11/2022).

"(Kijang Innova Zenix) ini adalah suatu brand new, sangat baru. Tapi sebenarnya Innova (Zenix) ini juga saudaranya Corolla dan Prius," kata dia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.