Mengenal Asia Cross Country Rally, Reli Dakar Versi Asia

Kompas.com - 23/11/2022, 07:42 WIB

BURIRAM, KOMPAS.com - Asia Cross Country Rally (AXCR) merupakan salah satu balap reli bergensi di tingkat Asia. Bahkan, reli ini sering dijuluki sebagai Dakar Rally versi Asia.

AXCR biasanya digelar pada Agustus setiap tahunnya. Tapi, untuk 2022, digelar pada November. AXCR 2022 digelar untuk pertama kalinya sejak pandemi setelah 2020 dan 2021 dibatalkan.

Baca juga: Ubahan Pikap Mitsubishi Triton Jadi Mobil Reli AXCR 2022

Untuk diketahui, AXCR sudah digelar sejak 1996. Reli ini digelar lintas negara. Biasanya, yang jadi lokasinya adalah negara di Asia Tenggara, seperti Thailand, Malaysia, Singapura, China, Vietnam, Kamboja, dan Myanmar.

Mitsubishi Triton yang digunakan pada Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 di Buriram, ThailandDok. Mitsubishi Mitsubishi Triton yang digunakan pada Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 di Buriram, Thailand

Rute yang dilewati secara total biasanya tidak kurang dari 2.000 kilometer. Medannya juga sangat beragam pada reli ini, mulai daerah pegunungan, hutan, rawa, pinggir pantai, menyebrang sungai, gurun, perkebunan, aspal, hingga sirkuit.

Selain medan yang menantang, tentunya kondisi cuaca yang sulit ditebak juga memberikan tantangan tersendiri bagi setiap peserta.

Baca juga: Indonesia Cross Country Rally Team Siap Bertarung di AXCR 2022

Terdapat beberapa kelas pada AXCR, yakni 4x4 Petrol, 4x4 Diesel, 4x4 Electric, 4x2 Petrol, 4x2 Diesel, dan beberapa kategori lainnya untuk mobil.

Mitsubishi Triton yang digunakan Rifat Sungkar dan Chupong Chaiwan pada Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 di ThailandDok. Mitsubishi Ralliart Mitsubishi Triton yang digunakan Rifat Sungkar dan Chupong Chaiwan pada Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 di Thailand

Selain itu, ada juga kelas untuk motor yang dibagi menjadi tiga kategori, di bawah 250 cc, 251 cc - 700 cc, dan di atas 701 cc.

Tak sediki pereli Indonesia yang ikut berkompetisi pada AXCR. Untuk AXCR 2022, ada Rifat Sungkar yang membela Mitsubishi Ralliart dan menggunakan Mitsubishi Triton.

Rudy Poa bersama tim Indonesia Cross Country Rally akan kembali berkompetisi di Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022Dok. IXCR Rudy Poa bersama tim Indonesia Cross Country Rally akan kembali berkompetisi di Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022

Selain itu, ada juga Indonesia Cross Country Rally (IXCR) Team yang diisi oleh Memen Harianto dan Rimhalsyah dengan menggunakan Jeep XL Cherokee.

Tim IXCR juga menurunkan pebalap di kelas motor, yakni Rudy Poa dengan KTM 790 Adventure R, Mufti Muis Karim dengan Honda CRF250 Rally, dan Habib Fadhlurrohman dengan Honda CRF250 Rally.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.