Kompas.com - 22/11/2022, 08:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -  Kinerja industri otomotif Indonesia masih dihantui krisis pasokan cip semikonduktor. Kendala ini dipercaya bisa mengganggu proses alur produksi membuat paasokan mobil baru hasil manufaktur Tanah Air.

Alhasil, pasokan mobil baru jadi terganggu membuat potensi gangguan pasar bisa terjadi.

Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono mengatakan, potensi gangguan akibat tidak sesuainya pasokan suatu produk ke pasar (supply) dalam beberapa waktu mendatang.

Produk dimaksud, tentu saja termasuk Toyota Kijang Innova Zenix yang baru saja melakukan debut global di Indonesia pada Senin (21/11/2022). Terkhusus, untuk varian hibrida alias hybrid electric vehicle (HEV)-nya.

"Iya, market crash mungkin saja terjadi dengan kondisi saat ini," kata Warih saat ditemui di sela-sela peluncuran Kijang Innova Zenix, Grand Hyatt Jakarta, Senin (21/11/2022).

Baca juga: Skema Kredit Kijang Innova Zenix, Cicilan Mulai Rp 9 jutaan

Toyota Kijang Innova Zenix HybridDok. TAM Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid

Menurut dia, kondisi tersebut dikarenakan suplai komponen untuk produksi mobil masih belum stabil seperti cip semikonduktor. Mengingat, semakin canggih suatu kendaraan penggunaan cip semikonduktornya semakin banyak pula.

Sementara permintaan pasar sudah mulai kembali pulih usai terdampak pandemi Covid-19 dua tahun belakangan. Keadaan itu pun terjadi di pasar ekspor seperti Asia, Afrika, serta Amerika Selatan.

"Untuk produk HEV, demand-nya juga sangat tinggi di dunia. Seperti, Middle East, Afrika, dan Amerika Selatan karena ada shifting dari penggunaan (kendaraan) berbahan bakar minyak," kata Warih.

"Tetapi memang setelah 2,5 tahun Covid-19, sekarang recovery timing demand-nya mulai tinggi. Namun, itu tidak dibarengi dengan suplai. Ini tidak hanya satu model ya, tapi supply chain secara keseluruhan terhadap total demand kurang," ucapnya.

Baca juga: Daftar Harga Innova Zenix, Varian Hybrid Mulai Rp 458 Juta

PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan Kijang Innova Zenix alias Innova generasi terbaru. KOMPAS.com/Ninda PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan Kijang Innova Zenix alias Innova generasi terbaru.

"Sehingga we cannot full fill 100 persen demand," tambah dia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.