Jalur Puncak-Cianjur Ditutup karena Longsor, Kendaraan Dialihkan

Kompas.com - 22/11/2022, 06:12 WIB
|

CIANJUR, KOMPAS.com – Pengguna kendaraan bermotor yang melewati jalur Puncak-Cianjur harus mencari jalan alternatif selama beberapa waktu ke depan.

Antara lain lewat rute Sukabumi ataupun Jonggol. Sebab, telah terjadi tanah longsor di kawasan Cianjur, Jawa Barat.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), mengungkapkan, gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mengakibatkan ada jalan yang tertutup di Cugenang.

Baca juga: Belajar dari Insiden Sepeda Motor Hajar Belakang Truk di Kediri

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan bahwa gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin (21/11/2022), mengakibatkan ada jalan yang tertutup di Cugenang. Dok. NTMC Polri Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan bahwa gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin (21/11/2022), mengakibatkan ada jalan yang tertutup di Cugenang.

Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja, mengatakan, jalan tersebut tidak bisa digunakan.

“Sementara tidak ada jalan yang putus karena kerusakan struktur, tetapi putus karena tertutup pohon yang tumbang dan longsoran tanah,” ujar Endra, disitat dari NTMC Polri (21/11/2022).

Dia menjelaskan, saat ini Kementerian PUPR tengah mengupayakan untuk menyiagakan personel.

Baca juga: Alasan Toyota Innova Zenix Tinggalkan Mesin Diesel

Begitu juga dengan alat berat yang dikerahkan di wilayah Cugenang, Kabupaten Cianjur, tersebut untuk mengantisipasi gempa dan longsoran susulan.

“Kita sedang mobilisasi personel dan alat berat dari lokasi terdekat sekitar 10 kilometer untuk pembersihan jalan nasional dari pohon tumbang dan tanah dari longsoran tebing,” ucap Endra.

Menurut Endra, hal tersebut dilakukan agar lalu lintas pada jalan nasional dari Puncak-Cipanas-Cianjur kembali normal.

Pasalnya, saat ini Kementerian PUPR baru menerima laporan soal terputusnya akses dari Kecamatan Cugenang pada ruas jalan nasional antara Kota Cianjur dan Puncak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.