Kompas.com - 19/11/2022, 14:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Immobilizer kerap menjadi fitur yang dibanggakan pada sebuah mobil. Pasalnya, fitur keamanan ini bukan kaleng-kaleng, melainkan memang cukup canggih.

Fitur ini cukup mampu mempersulit maling dalam membobol mobil, karena secara sistem mobil tidak akan bisa dihidupkan bila tidak terdeteksi anak kunci yang sesuai.

Lantas, apa sih sebenarnya immobilizer pada mobil?

Baca juga: Apa Hubungan Immobilizer dan Keyless pada Mobil?

Remote mobil berfungsi untuk membuka dan menutup kunci pintu mobil dari jarak jauhKompas.com/Erwin Setiawan Remote mobil berfungsi untuk membuka dan menutup kunci pintu mobil dari jarak jauh

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, mengatakan immobilizer merupakan fitur keamanan mobil agar tidak mudah dibawa kabur maling.

“Immobilizer merupakan fitur keamanan mobil untuk menghindari pencurian, karena immobilizer itu hanya mendeteksi kunci yang sudah didaftarkan ke ECU, bila kunci tidak terdeteksi sebagai mekanikal penggerak kunci kontak maka sistem tidak akan mengijinkan mesin untuk hidup,” ucap Didi kepada Kompas.com, Sabtu (19/11/2022).

Dia mengatakan beberapa immobilizer ada yang menggunakan chip di anak kunci dan ada juga modul sebagai pengolah datanya.

Baca juga: Apa Bedanya Immobilizer dan Alarm pada Mobil?

Remote Keyless All New Suzuki ErtigaDicky Aditya Wijaya Remote Keyless All New Suzuki Ertiga

“Chip yang disematkan pada anak kunci tersebut yang akan mengkonfirmasi apakah anak kunci itu yang sudah terdaftar atau bukan, jika terdeteksi bukan anak kunci yang sudah terdaftar maka mesin akan tidak bisa hidup,” ucap Didi.

Dia mengatakan ada pemutusan kelistrikan pada mesin secara otomatis, sehingga mesin tidak akan hidup bila anak kunci yang terdaftar tidak terdeteksi.

“Motor starter bisa saja tidak bisa menyala sama sekali, atau motor starter bisa menyala tapi mesin tidak akan hidup ketika kunci kontak diputar ke posisi start,” ucap Didi.

Baca juga: Duplikasi Kunci Immobilizer Tidak Bisa Sembarangan

Dia mengatakan immobilizer cukup bisa diandalkan untuk mencegah pencurian, karena tidak hanya mengandalkan ukiran anak kunci.

“Untuk mobil yang belum dilengkapi immobilizer maka bila kunci kontak terbobol, baik menggunakan anak kunci duplikat atau dipaksa, maka mesin bisa dihidupkan seperti biasa, tapi immobilizer masih ada sistem pengaman tambahan,” ucap Didi.

Jadi, immobilizer merupakan fitur keamanan pada mobil yang bisa memutuskan kelistrikan mesin sehingga tidak akan menyala bila anak kunci yang sudah terdaftar tidak terdeteksi secara sistem.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.