Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecelakaan Lalu Lintas Meningkat 34 Persen Periode Januari-September 2022

Kompas.com - 19/11/2022, 15:42 WIB
|

BOGOR, KOMPAS.com – Korlantas Polri merangkum angka kecelakaan dari Januari hingga September 2022. Tercatat selama sembilan bulan tahun ini, jumlah kecelakaan mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya.

Disitat dari NTMC Polri (19/11/2022), selama Januari-September 2022 ada 94.617 kasus kecelakaan. Angka ini meningkat 24.000 kasus Laka atau sekitar 34,60 persen dibandingkan tahun 2021.

Sementara itu, korban meninggal dunia sampai September 2022 terdata 19.054 jiwa. Naik 683 jiwa atau sekitar 3,72 persen.

Baca juga: Potret Motor MotoGP Suzuki yang Berakhir Jadi Rongsokan

Korban kecelakaan lalu lintas dihadirkan untuk memberikan contoh keselamatan berkendara adalah yang utama dalam Operasi Zebra di Bandar Lampung, Jumat (14/10/2022).KOMPAS.COM/TRI PURNA JAYA Korban kecelakaan lalu lintas dihadirkan untuk memberikan contoh keselamatan berkendara adalah yang utama dalam Operasi Zebra di Bandar Lampung, Jumat (14/10/2022).

Kasubdit Dikmas Ditkamsel Korlantas Porli Kombes Pol Arman Achdiat, mengatakan, sebagai upaya meningkatkan kualitas keselamatan dan membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya tertib peraturan lalu lintas pihaknya mengadakan World Day of Remembrance for Road Traffic Victims atau mengenang peristiwa korban kecelakaan lalu lintas.

Diharapkan kegiatan ini bisa memberikan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat sehingga masyarakat bisa melihat bagaimana dampak yang luar biasa apabila mengalami kecelakaan.

“Pelanggaran sekecil apapun bisa berdampak kepada kecelakaan yang luar biasa yang bisa berpengaruh kepada keluarga.” ujar Arman.

Baca juga: Ciri-ciri Oli Mesin Palsu, Bisa Dilihat dari Kemasan dan Karakternya

Untuk diketahui, Ditkamsel Korlantas Polri bersama Road Safety Association (RSA) Indonesia, dan Jasa Raharja cabang Kota Kabupaten Bogor, mengajak kaum disabilitas korban kecelakaan lalu lintas melakukan edukasi keselamatan kepada warga masyarakat pengguna jalan, di Taman Sempur, Bogor, Sabtu (19/11/2022).

“Mudah-mudahan dalam mengenang korban kecelakaan lalu lintas ini menjadi bahan perhatian kita semua untuk tidak menjadi korban-korban selanjutnya,” ucap Arman.

Lebih lanjut, ia mengingatkan kepada seluruh pengendara untuk stop pelanggaran dan stop kecelakaan, karena keselamatan adalah yang paling utama.

Baca juga: Jalur Puncak Bogor Berlakukan Ganjil Genap Mulai Hari Ini

Korlantas Polri bersama Road Safety Association (RSA) Indonesia, dan Jasa Raharja cabang Kota Kabupaten Bogor, mengadakan World Day of Remembrance for Road Traffic Victims atau mengenang peristiwa korban kecelakaan lalu lintas.Dok. NTMC Polri Korlantas Polri bersama Road Safety Association (RSA) Indonesia, dan Jasa Raharja cabang Kota Kabupaten Bogor, mengadakan World Day of Remembrance for Road Traffic Victims atau mengenang peristiwa korban kecelakaan lalu lintas.

“Tugas kami di samping melakukan penegakkan hukum, kami melakukan edukasi penyuluhan pembinaan kepada masyarakat tujuannya adalah untuk memberi pemahaman bahwa lalu lintas ini merupakan urat nadi kehidupan,” kata Arman.

“Jangan sekali-kali melakukan suatu pelanggaran pada saat berlalulintas karena akan mengakibatkan fatalitas kecelakaan untuk dirinya atau orang lain,” ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.