Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Keunggulan Mobil yang Dilengkapi Kunci Model Keyless

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Kunci model keyless menjadi tren fitur keamanan mobil-mobil modern. Selain tampak modern, mobil yang sudah menggunakan sistem keyless ternyata memiliki teknologi anti maling yang mumpuni.

Berbeda dengan keyless aftermarket yang hanya tampil keren, keyless bawaan pabrikan mampu melindungi mobil dari ancaman pencurian dengan sangat ketat.

Lantas, apa kelebihan mobil yang dilengkapi dengan keyless?

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim, mengatakan mobil yang sudah dilengkapi keyless memiliki keamanan anti maling yang cukup kuat dan praktis.

“Sistem keyless ini unik, teknologi ini mampu memberikan kemudahan kepada pengendara tanpa mengabaikan keamanan, karena keyless memungkinkan pengendara bisa menghidupkan mesin tanpa harus menggunakan anak kunci, tapi tetap aman dari maling,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Sabtu (19/11/2022).

Dia mengatakan meski mudah dalam pengoperasiannya, tapi bakal sulit dioperasikan oleh pihak yang tidak diinginkan.

“Kemudahan tersebut memang sengaja diberikan kepada pemegang remote atau pengendara, tapi ketika ada orang asing yang tidak memegang remote, maka akses kemudahan tersebut berubah menjadi kerumitan dalam hal keamanan,” ucap Ibrohim.

Dia mengatakan tanpa remote keyless, maka mobil tidak akan bisa dihidupkan sehingga ini bisa disebut dengan fitur keamanan anti maling yang mumpuni.

“Mesin tidak akan mendapatkan dukungan dari ECU sehingga sistem kelistrikan mesin tidak berjalan bila tidak terdeteksi remote yang sudah terdaftar,” ucap Ibrohim.

Dia mengatakan keyless bisa dikatakan dengan pengembangan teknologi immobilizer, hanya saja jangkauan immobilizer diperluas hingga di area kabin sehingga kemudahan tersebut tercipta.

“Begitu remote terdeteksi berada di area kabin atau berada pada area tertentu, maka hanya sekali saja menekan tombol start dan menginjak pedal rem maka mesin mobil dapat hidup dengan mudah, itu kelebihan keyless,” ucap Ibrohim.

Jadi, kelebihan mobil yang dibekali keyless adalah kemudahan dalam mengakses mobil serta keamanan yang cukup tangguh dalam mencegah pencurian.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/19/162200615/ini-keunggulan-mobil-yang-dilengkapi-kunci-model-keyless

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke