Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/11/2022, 12:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Imbas adanya masalah pada airbag, Tesla resmi melakukan recall terhadap 30.000 unit model X yang dipasarkan di Amerika Serikat.

Dikutip dari Carscoops, Sabtu (19/11/2022), penarikan tersebut terjadi pada kendaraan Model X tahun 2021-2023.

Tesla pertama kali menemukan masalah tersebut pada Oktober ketika sedang melakukan pengujian.

Namun, hasil penguji keselamatan menemukan bahwa terdapat masalah pada kontrol penahan yang tidak beroperasi seperti apa yang sudah dirancang.

Baca juga: Toyota Prius Tampil Lebih Klimis Pakai Tema Modellista dan GR

Usai melakukan analisis, ditemukan bahwa kesalahan modul kontrol penahan dapat menyebabkan airbag penumpang depan mengembang secara tidak sengaja selama tabrakan kecepatan rendah tertentu.

Secara garis besar, masalah itu terjadi ketika penumpang anak kecil yang berusia tiga sampai enam tahun tidak menggunakan sabuk pengaman.

Jika tabrakan kecepatan rendah terjadi dengan seorang anak dalam posisi itu, bisa mengakibatkan peningkatan risiko cedera bagi mereka.

Mobil listrik Tesla Model XTopGear Mobil listrik Tesla Model X

Perusahaan otomotif asal Amerika Serikat itu tidak mengetahui adanya kecelakaan, cedera, atau kematian terkait masalah ini.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Tesla sedang mempersiapkan pembaruan perangkat lunak over-the-air yang rencananya akan diluncurkan ke unit yang dampak dengan waktu produksi antara 8 September 2021 hingga 5 November 2022. Kode itu akan memastikan bahwa semua Model X sudah sesuai dengan apa yang dirancang.

Baca juga: Jangan Sampai Tertipu, Begini Cara Membedakan Oli Asli dan Palsu

Tesla juga akan memberikan informasi ke pemilik mengenai recall kendaraan pada 14 Januari 2023. Kemudian, mulai 15 November 2022, semua kendaraan dalam produksi dan telah menerima pembaruan perangkat lunak over-the-air, oleh karena itu produksi di rentang tersebut tidak akan terpengaruh oleh masalah ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.