Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/11/2022, 13:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil di segmen low multi purpose vehicle (LSUV) atau SUV murah bisa jadi pilihan buat yang ingin mobil berkapasitas besar dengan tampilan sporty.

Saat ini, mobil-mobil LSUV dibanderol di harga Rp 200 jutaan ke atas. Berkapasitas 7 penumpang, SUV murah memiliki tampilan yang gagah dan ground clearance yang cukup tinggi.

Di pasaran mobil bekas, unitnya dapat dengan mudah ditemukan. Ada beberapa keuntungan membeli mobil bekas; di antaranya harga yang lebih rendah dan pembeli tidak perlu menunggu waktu inden, alias bisa langsung bawa pulang unit mobil saat pembelian.

Baca juga: Pasar LSUV Naik 23 Persen di September 2022, Rush-Terios Kuasai Pasar

Namun perlu diingat, calon konsumen harus teliti dalam melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap mobil yang diinginkan. Periksa bagian interior, eksterior, dan mesin, untuk meminimalisir kemungkinan mengeluarkan biaya perbaikan yang besar nantinya.

Kemudian, perhatikan juga kelengkapan surat-surat atau dokumen pendukung mobil, untuk menghindari potensi masalah seperti tilang dan sebagainya.

Toyota Raize GR SportKompas.com Toyota Raize GR Sport

Baca juga: Apa Bedanya Tuas Transmisi Matik Zig-zag dan Lurus?

Beberapa pilihan LSUV yang saat ini banyak diminati, misalnya Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Unit barunya saat in dibanderol di harga Rp 200 jutaan, bervariasi tergantung dari tipe transmisi dan variannya.

Kemudian, ada juga duet Toyota Rush dan Daihatsu Terios, SUV murah tiga baris bangku dengan banderol di bawah Rp 250 jutaan.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di sejumlah bursa mobil bekas daring, Rabu (16/11/2022), sejumlah LSUV harganya masih terbilang tinggi atau tidak berbeda jauh dari harga unit barunya.

Daihatsu Rocky 1.0L TurboKOMPAS.com/STANLY RAVEL Daihatsu Rocky 1.0L Turbo

Harga-harga yang tercantum ini bisa bervariasi, karena harga bergantung pada kondisi keseluruhan mobil, varian dan tipe transmisi, serta surat-surat pelengkapnya.

Harga yang lebih rendah bisa didapat untuk unit mobil pemakaian tahun 2020 ke bawah. Berikut ini Kompas.com merangkum kisaran harga LSUV bekas per November 2022, dengan masa pakai kurang dari 5 tahun:

  • Toyota Rush 1.5 TRD Sportivo tahun 2018, Rp 210 juta
  • Toyota Rush 1.5 G tahun 2021, Rp 236 juta
  • Toyota Raize 1.2 G One Tone tahun 2021, Rp 211 juta
  • Toyota Raize 1.0 T GR Sport Two Tone tahun 2021, Rp 241 juta
  • Daihatsu Terios 1.5 R tahun 2018, Rp 209 juta
  • Daihatsu Terios 1.5 X tahun 2021, Rp 218 juta
  • Daihatsu Rocky 1.2 X tahun 2021, Rp 180 juta
  • Daihatsu Rocky 1.0 R tahun 2021, Rp 225 juta
  • Nissan Magnite 1.0 Premium tahun 2021, Rp 250 juta
  • Kia Sonet 1.5 Smart 5 Seater tahun 2021, Rp 235 juta
  • DFSK Glory 280 1.5 T Luxury tahun 2018, Rp 164 juta
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.