Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Salah, Ini Perbedaan Sunroof, Moonroof, dan Panoramic Roof

Kompas.com - 16/11/2022, 13:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Baru-baru ini PT Toyota Astra Motor (TAM) mengunggah sebuah foto viral yang menampilkan desain mobil dengan sunroof besar.

Sontak foto tersebut membuat banyak orang menduga adalah fitur dari Kijang Innova Zenix Hybrid.

Pada unggahan di Instagram resminya @toyotaID, mobil yang akan segera meluncur secara resmi dalam waktu dekat ini menampilkan keluasan bagian interior yang dilengkapi dengan kaca yang membentang dari bagian depan ke belakang atap.

Baca juga: Menu SUV Murah di Bawah Rp 250 Juta November 2022

Lalu, dengan ukuran kaca yang besar pada bagian atap seperti itu, apakah fitur milik Kijang Innova Zenix Hybrid tersebut bisa dibilang sebagai sunroof?

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan jika bagian atap mobil yang memiliki kaca terbagi menjadi tiga jenis.

“Ada sunroof, moonroof dan ada lagi panoramic roof,” kata Didi kepada Kompas.com, Rabu (16/11/2022).

Sunroof pada VW T-CrossKompas.com/Donny Sunroof pada VW T-Cross

Agar tidak keliru, Didi menjelaskan perbedaan ketiganya.

Sunroof terbuat dari panel dan sewarna dengan warna bodi kendaraan serta bisa dibuka untuk cahaya masuk atau udara segar masuk.

Ada sunroof yang terbuat dari panel dan ada juga dari kaca, namun letak kaca sunroof hanya di area depan atap mobil.

 Kemudian untuk moonroof, Didi mengatakan jika terbuat dari kaca dan biasanya diwarnai lebih gelap untuk menyaring sinar matahari.

Moonroof tidak bisa dilepas namun ada yang bisa digeser untuk mendapatkan udara segar dan cahaya. Moonroof lebih luas dari sunroof dimensinya dan letaknya di bagian tengah atap mobil,” kata Didi. 

Baca juga: Boleh atau Tidak Mencuci Area Mesin Mobil Hybrid?

Sementara itu, panoramic roof yaitu atap mobil yang terbuat dari kaca membentang sepanjang atap kendaraan, sehingga penumpang dapat menikmati pemandangan sekitar dan langit.

“Jadi, kalau panoramic roof itu, keseluruhan atap kendaraan terbuat dari kaca. Kalau moonroof dan sunroof hanya sebagian saja. Untuk sunroof letak kaca hanya di depan, kemudian letak kaca moonroof di tengah,” kata Didi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com