Kompas.com - 16/11/2022, 13:21 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Baru-baru ini PT Toyota Astra Motor (TAM) mengunggah sebuah foto viral yang menampilkan desain mobil dengan sunroof besar.

Sontak foto tersebut membuat banyak orang menduga adalah fitur dari Kijang Innova Zenix Hybrid.

Pada unggahan di Instagram resminya @toyotaID, mobil yang akan segera meluncur secara resmi dalam waktu dekat ini menampilkan keluasan bagian interior yang dilengkapi dengan kaca yang membentang dari bagian depan ke belakang atap.

Baca juga: Menu SUV Murah di Bawah Rp 250 Juta November 2022

Lalu, dengan ukuran kaca yang besar pada bagian atap seperti itu, apakah fitur milik Kijang Innova Zenix Hybrid tersebut bisa dibilang sebagai sunroof?

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan jika bagian atap mobil yang memiliki kaca terbagi menjadi tiga jenis.

“Ada sunroof, moonroof dan ada lagi panoramic roof,” kata Didi kepada Kompas.com, Rabu (16/11/2022).

Sunroof pada VW T-CrossKompas.com/Donny Sunroof pada VW T-Cross

Agar tidak keliru, Didi menjelaskan perbedaan ketiganya.

Sunroof terbuat dari panel dan sewarna dengan warna bodi kendaraan serta bisa dibuka untuk cahaya masuk atau udara segar masuk.

Ada sunroof yang terbuat dari panel dan ada juga dari kaca, namun letak kaca sunroof hanya di area depan atap mobil.

 Kemudian untuk moonroof, Didi mengatakan jika terbuat dari kaca dan biasanya diwarnai lebih gelap untuk menyaring sinar matahari.

Moonroof tidak bisa dilepas namun ada yang bisa digeser untuk mendapatkan udara segar dan cahaya. Moonroof lebih luas dari sunroof dimensinya dan letaknya di bagian tengah atap mobil,” kata Didi. 

Baca juga: Boleh atau Tidak Mencuci Area Mesin Mobil Hybrid?

Sementara itu, panoramic roof yaitu atap mobil yang terbuat dari kaca membentang sepanjang atap kendaraan, sehingga penumpang dapat menikmati pemandangan sekitar dan langit.

“Jadi, kalau panoramic roof itu, keseluruhan atap kendaraan terbuat dari kaca. Kalau moonroof dan sunroof hanya sebagian saja. Untuk sunroof letak kaca hanya di depan, kemudian letak kaca moonroof di tengah,” kata Didi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.